Jumat, 12 Oktober 2012

Apa itu extrovert dan introvert?





[imagetag] 


Banyak orang menghubungkan introvert dengan sifat tertutup, diam, penuh rahasia. Sebaliknya extrovert dikaitkan dengan sifat terbuka, serba rame, dan heboh. Introvert adalah orang-orang yang tidak suka bergaul, sementara extrovert selalu dikelilingi teman.

Sebenarnya, Orang introvert juga menyukai bersosialisasi dan situasi sosial. Mereka juga menyukai keramaian. Hanya saja, mereka sering kali butuh untuk "meng-charge" diri mereka setelah "lelah" bersosialisasi atau dalam suasana sosial. Mereka selalu butuh waktu untuk menyendiri, menyepi, ini adalah suatu kebutuhan, bagaikan makanan yang memberi kekuatan kepada si introvert.

Dia akan sangat bahagia berada sendiri dalam ruang kantornya yang nyaman, ketika dia ditinggal sendiri, hanya dia sendiri dan laptopnya. Dengan buku-buku di raknya. Dia akan menulis, menulis, menulis. Dia akan sanggup menulis hingga berhari-hari. Berada dalam kesunyian bersama buku-buku saja, tanpa ketemu satu manusia pun. Intovert mampu melakukan itu.

Sebaliknya, si extrovert tidak pernah lelah bila berada bersama orang lain. Dia selalu ingin tampil, berbicara dan bersosialisasi justru adalah batere baginya. Membuat materi presentasi, proposal, riset, dan segala pekerjaan mendetil lain termasuk menulis, membuatnya lelah. Tetapi ketika dia tampil di atas panggung, di mimbar, di ruang presentasi, semua itu memberinya energy.

Untuk seorang extrovert, agak susah. Dia selalu penuh energy, idenya melompat-lompat. Pikirannya tidak teratur. Dia bisa duduk diam melakukan suatu pekerjaan "serius" tetapi cepat bosan. Dia akan selalu ingin mengadakan kontak sosial dengan manusia lain

Jadi, yang ingin saya sampaikan di sini adalah, tidak ada salahnya dengan extrovert ataupun introvert. Apabila Anda introvert, Anda cenderung merasa dunia "dikuasai" orang-orang extrovert. Karena orang extrovert lebih rame, lebih berisik, lebih dominan, sehingga para introvert cenderung mengikuti saja. Statistik menunjukkan, lebih banyak CEO extrovert daripada introvert, padahal pakar psikologi menyebut 57 persen penduduk dunia adalah introvert. Artinya, sebenarnya Anda adalah mayoritas yang terbenam oleh minoritas.

Pembahasan mengenai extrovert dan introvert, tipe kepribadian yang dipopulerkan oleh psikolog Carl Jung,

#bcfda5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar