Rabu, 10 Oktober 2012

Cerita Rakyat Jawa Timur Yang Mungkin Belum Anda Ketahui



[imagetag]

Cerita Rakyat Jawa Timur Yang Mungkin Belum Anda Ketahui Jawa Timur adalah sebuah propinsi yang berada di Pulau Jawa bagian timur . Daerah ini ternyata banyak menyimpan cerita rakyat yang tersembunyi, yang belum begitu dikenal oleh para sahabat setia zona aneh seantero nusantara yang berada di luar Jawa Timur.

Admin mengangkat judul seperti diatas karena ingin memperkenalkan mutiara terpendam kebudayaan Indonesia asal Jawa Timur. Dengan harapan rasa nasionalisme kita akan semakin bertambah kepada Negara kita tercinta Indonesia.

Dewasa ini cerita rakyat mulai tidak diminati, sebagai gantinya banyak anak anak kita yang malah lebih suka baca cerita naruto, komik sinchan atau komik komik lainnya dari Jepang bahkan ada yang maniak dengan cerita sex ataupun cerita anak SMA padahal sangat jelas bukan konsumsinya. Karena sangat kurang bermanfaat dan juga kurang mendidik.

Kembali ke pokok permasalahan, untuk daerah Jawa Timur setidaknya menutut wikipedia ada sekitar 5 cerita rakyat, diantaranya

Ande Ande Lumut

Damar Wulan

Keong Emas

Sarip Tambak Oso

Sri Tanjung

Namun saat jalan jalan zona aneh di alam maya banyak sekali menemukan cerita cerita rakyat asal propinsi yang dipimpin Pakdhe Karwo ini, misalnya : Legenda Gunung Arjuna, Cindelaras, Panji Semirang dll.

Ande Ande Lumut

Berkisah tentang seorang pemuda tampan yang bernama Ande Ande Lumut yang mengumumkan sedang mencari calon istri. Mendengar kabar tersebut, berbondong bondonglah para gadis desa untuk ikut sayembara itu. Termasuk Klenting Kuning dan saudara saudaranya.

Dalam perjalanan Klenting Kuning dan saudara saudaranya menemui sebuah sungai yang besar, sehingga para gadis tidak dapat menyeberanginya. Muncullah sebuah penunggu sungai yang bernama YUYU KANGKANG yang menawarkan jasanya menyebrangkan sungai dan minta cium sebagai syaratnya. Setelah disebrangkan para gadispun bergantian mencium Yuyu Kangkang kecuali Klenting Kuning yang menolaknya.

Singkat cerita, Setelah di tempat Sayembara, ternyata Klenting Kuning malah dipilih oleh Ande Ande Lumut yang tidak lain adalah Pangeran Kusumayuda yang merupakan raja Kediri.

Demikianlah sedikit cerita rakyat Jawa Timur yang digunakan sebagai contoh uraian adalah cerita rakyat Ande Ande Lumut. Untuk cerita lainnya bias pantau terus blog zona aneh ini ataubisa langsung search di google. Semoga bermanfaat

Sumber

#bcfda5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar