Minggu, 07 Oktober 2012

Mengatasi Kulit Berminyak



[imagetag]

Kulit berminyak sebenarnya merupakan hal yang baik, karena kulit memproduksi minyak alami yang disebut sebum, yang berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit , serta melindungi dari gangguan yang berasal dari lingkungan sekitar.

Namun apabila jaringan sebum terlalu aktif menghasilkan kulit berminyak dan pori-pori membesar.

Dalam kondisi kulit seperti ini, jerawat pun menjadi masalah yang lazim, karena minyak bercampur dengan debu dan kotoran, sehingga menghambat pori-pori dan membuat permukaan wajah menjadi mengkilap.

Kosmetik pun lebih sulit untuk bertahan dalam waktu lama, terutama di cuaca panas. Walau wanita dengan kulit berminyak lebih aman dari keriput, tetap saja penampilan menjadi terganggu.

Untuk menjaga keseimbangan produksi minyak alami dalam kulit, ada beberapa hal yang mesti Anda ingat.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar menjaga keseimbangan kulit.

1. Jaga kelembaban wajah

Kulit berminyak bukan berarti tidak perlu lagi diberi pelembab tambahan. Semakin banyak kulit memproduksi minyak, justru akan membuat kulit menjadi kekeringan. Lawan minyak berlebih dengan moisturizer berbahan dasar air atau yang memiliki formula oil control untuk mengontrol produksi minyak di wajah.

2. Hindari mencuci muka berlebih

Terlalu sering mencuci muka dapat menstimulasi produksi sebum. Pilih pembersih muka oil-based untuk melawan produksi sebum yang berlebih.

3. Hindari produk kosmetik dengan alkohol

Menggunakan kosmetik yang mengandung alkohol memang membuat kulit terasa segar, namun kesegarannya hanya akan bertahan dalam sekejap. Komposisi alkohol terlalu keras bagi kulit dan dapat membuat permasalahan kulit menjadi semakin buruk.

Sumber

#bcfda5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar