Senin, 08 Oktober 2012

Misteri Asal Muasal Kura-kura



[imagetag]

Asal-usul kura-kura yang berevolusi antara 200sampai 300 juta tahun lalu telah menyebabkan perselisihan pendapat di kalanganilmuwan.



Dari sebuah studi yang dipublikasikan dijurnal Royal Society Biology Letters, terungkap bahwa kura-kuramerupakan hewan yang secara silsilah lebih dekat pada buaya dan burung daripadakepada kadal dan ular. Temuan ini, diklaim oleh peneliti yang melakukannya, dandisebut sebagai akhir dari teka-teki yang tak terpecahkan sejak lama, terkaitevolusi hewan tersebut.

Asal-usul kura-kura

, yang berevolusi antara 200 sampai 300 jutatahun lalu itu sendiri telah menyebabkan perselisihan pendapat di kalanganilmuwan. Sebab, secara fisik ia mengindikasikan ke golongan cabang pohonkeluarga yang berbeda dengan indikasi yang ditunjukkan oleh genetika mereka."Garis evolusi kura-kura telah mengacaukan pemahaman terhadap evolusispesies vertebrata," kata Nicholas Crawford, peneliti dari Boston Universitydalam laporannya. "Studi yang kami lakukan menunjukkan secara konklusif bahwasecara genetika, kura-kura lebih dekat pada burung dan buaya," ucapnya.

Dalam studi, jika peneliti mempelajari fosilserta anatomi kura-kura dan keluarga reptil mereka lainnya, hasil penelitianakan menempatkan makhluk bercangkang itu dalam keluarga lepidosaurus sepertiular, kadal, dan tuataras (hewan serupa kadal yang sangat langka). Namun, jikapeneliti mempelajari genetika kura-kura, mereka lebih mirip dengan buayadan burung yang masuk ke dalam kelompok archosaurus yang juga mencakupdinosaurus darat yang kini telah punah.

"Hasil temuan secara genetika ini sendiritelah dikonfirmasikan lewat penelitian genetik besar-besaran terhadap kura-kura,"kata Crawford yang mengaku telah mengumpulkan informasi hingga sepuluh kalilebih banyak dibandingkan dengan upaya penelitian terhadap kura-kurayang pernah dilakukan sebelumnya.

Pada studi itu, para peneliti jugamembandingkan DNA dari ular jagung, kura-kura Afrika, kura-kuraberwarna, buaya Amerika, buaya air asin, tuatara, ayam, dan kadal anoleCarolina. Menurut Crawford, kesimpangsiuran asal muasal kura-kura sendiriumumnya muncul karena memiliki karakteristik fisik penting yang sama dengankadal, ular, dan tuatara misalnya memiliki jantung berbilik tiga. Meskidemikian, lepidosaurus danarchosaurus memiliki nenek moyang reptil yang sama.

Sumber

#bcfda5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar