Kamis, 15 November 2012

5 Kunci Gaya Hidup Sehat



[imagetag]

Mengajak orang hidup sehat merupakan halsangat mudah. Namun bagaimana dengan diri kita sendiri?



Banyak fakta yang mengungkapkan bahwa seringkali kita lupa akan sejumlah aspek penting dalam menunkang gaya hidup sehatseperti pola makan, pola gerak dan pola pikir yang selalu positif.

Masa dewasa muda merupakan waktu pentingmengadopsi gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung di usia paruh baya.Peneliti menemukan, hampir 44% peserta usia awal 20-an berisiko rendahmengalami penyakit jantung.

Namun 20 tahun kemudian, hanya 24,5% yangberisiko rendah. Peneliti mendapatkan rendahnya risiko di usia paruh bayatergantung dari kebiasaan hidup sehat.

Pola makan sehat



Makan diet dengan kandungan serat yang tinggi.Mulailah dengan mengganti semua karbohidrat buruk (dalam bahasa kesehatan LDL)dalam diet Anda dengan karbohidrat sehat yang baik. makanan sehat membutuhkantermasuk banyak sayuran berwarna (terutama hijau), buah, biji-bijian danmakanan serat tinggi lainnya dalam diet. Ini adalah langkah yang mungkin telahbanyak kita

Kunci poin ini adalah makan secukupnya, janganterlalu banyak."Jika kita mengalami kegemukan di usia tua, kita memiliki risikodua kali lebih besar terkena dementia. Dan apabila mengalami obesitas, kitamemperbesar risikonya hingga empat kali lipat," papar Dr. Small.

Pola gerak tubuh



Pola gerak identik dengan olahraga yangmerupakan kunci gaya hidup sehat. Studi membuktikan ketika kita memulai programfitnes, bukan hanya otot lengan dan kaki saja yang menguat, otak pun demikian.

"Kita bisa membangun otot otak.Caranya mudah,parkirkan mobil di agak jauh dari tempat tujuan atau gunakan tangga. Lakukansecara perlahan-lahan tapi rutin," jelas psikiater Gary Small, MD, pemimpinUCLA Longevity Center.

Pola pikir positif



Biasakan sikap positif dan optimis menjadibagian dari tips hidup sehat. Sikap Anda adalah kekuatan penggerak hidup sehat.

Dan menurut salah satu pakar, Abe Lincoln,"Kebanyakan orang hanya bahagia saat mereka membuat pikiran mereka menjadibahagia."

Jadi membuat pikiran Anda untuk menjadibahagia, sehat dan bersyukur untuk masa depan cerah di depan Anda.

Istirahat berkualitas



Cukup tidur setiap malam adalah sangat pentingdalam mempertahankan gaya hidup yang sehat. Tubuh bekerja untuk menyembuhkandirinya sendiri ketika Anda sedang tidur.

Bila Anda tidak cukup tidur, tubuh Anda dapatmenjadi lebih lari ke bawah dan rentan terhadap virus dan infeksi. Kebanyakanorang memerlukan antara 6-8 jam tidur setiap malam dan cukup tidur secarakonsisten dapat meningkatkan kesehatan total lifestyle on the net Anda.

Pengendalian stres



Stres dapat memiliki pengaruh yang sangatburuk pada kehidupan Anda jika Anda tidak mengambil langkah-langkah untukmengendalikannya. Jika Anda ingin menjaga gaya hidup sehat, Anda perlumengambil langkah-langkah untuk mengontrol tingkat stres dalam hidup Anda.

Pastikan bahwa Anda melakukan hal-hal yangAnda sukai untuk membantu menghilangkan stres, apakah itu termasukberjalan-jalan di taman atau bekerja pada hobi Anda nikmati.

Ada banyak masalah kesehatan yang dapatdisebabkan oleh stres, sehingga mengambil langkah-langkah untuk mengendalikandan menghilangkan sangat penting.

Hal ini penting untuk diingat bahwa Andamengendalikan kesehatan Anda. Jika Anda menginginkan gaya hidup sehat, Andaharus menjadi orang yang mengendalikan hidup Anda.

Menggabungkan latihan, gizi dan cukup tidur kedalam hidup Anda dapat meningkatkan kesehatan dan menyingkirkan kebiasaan yangtidak sehat dapat membantu Anda memiliki gaya hidup sehat yang Anda inginkan.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar