Jumat, 23 November 2012

Makan Upil Bagus Untuk Kesehatan



[imagetag]

Hemm, Makan Upil Ternyata Bagus UntukKesehatan Dokter spesialis paru-paru asal Austria Prof Dr FriederichBischinger pernah menyarankan orang untuk makan upil (kotoran hidungnya)sendiri karena diklaim bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Penemuan Prof Bischinger itu sempat menjadikontroversial. Banyak orang awam dan paramedis yang menolak mentah-mentah teoriProf Bischinger dan mengatakan teori itu tidak masuk akal.

Alasannya upil adalah kotoran yangmenjijikkan karena lendir kering itu justru menjadi sampah karena berbahayamasuk dalam tubuh. Jika makan upil sama saja dengan makan semua organisme ataubakteri yang harusnya dikeluarkan melalui hidung. Tapi menurut Prof Bischingermengupil dengan menggunakan jari-jari sendiri adalah sesuatu yang sehat,menyenangkan dan lebih sesuai dengan tubuh manusia.

"Mengupil dengan menggunakan jari sendiritentunya bisa menjangkau tempat yang tidak bisa dicapai jika menggunakan saputangan. Selain itu juga bisa menjaga hidung agar tetap bersih," ujar ProfBischinger, seperti dikutip dari DailyTimes.

Upil

itu sendiri terbentuk dari kotoran yang masuk ke dalam lubang hidungmelalui proses pernapasan. Debu dan kotoran yang masuk ke hidung ini akandisaring oleh filter atau bulu-bulu hidung. Kotoran yang tidak tersaring akanditangkap oleh lendir yang ada dihidung. Lama kelamaan lendir ini akan mengerasdan terbentuklah upil.

" Makan upil kering adalah cara yangbagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Secara medis itu masuk akal danhal yang wajar untuk dilakukan. Dalam sistem kekebalan, hidung adalah filteryang menyaring banyak bakteri menjadi satu dan ketika campuran ini tiba di ususakan bekerja seperti obat," kata Prof Bischinger.

"Obat moderen selalu berusaha untuk melakukanhal yang sama dengan metode yang jauh lebih rumit, orang-orang yang mengupildan memakannya secara alami mendorong sistem kekebalan tubuh mereka secaracuma-cuma," imbuhnya.

Mengupil

merupakan kegiatan yang positif karenamembantu membersihkan hidung dari kotoran. Hal ini tentu saja membuat seseorangbisa bernapas lebih baik karena tidak ada yang menghalangi jalur pernapasan.

Prof Bischinger menunjukkan saat masih kecilanak-anak senang untuk mengupil hidungnya sendiri. Tapi saat beranjakdewasa kebiasaan ini mulai terhalang oleh adanya tekanan dari masyarakat yangmenganggap hal tersebut adalah suatu tindakan menjijikkan dan anti-sosial.

Hasil ini memang cukup mencengangkan, karenaselama ini orang menganggap kalau upil adalah suatu kotoran yang harus dibuangdan bukan untuk dikonsumsi. Tapi bagi Prof Bischinger, upil juga bisa bertindaksebagai vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Dr. Agus Subagio, Sp THT, dokter spesialis THTyang praktik di RS Puri Indah Jakarta mengaku tidak bisa memberikan komentarapakah penemuan ini terbukti menyehatkan atau tidak. Namun diakui Dr Agus bahwaProf Bischinger adalah orang yang sangat disegani di dunia medis karena banyakpenemuannya yang bermanfaat.

"Banyak teori-teori bedah sinus berasal daripenemuan Prof Bischinger, tapi kalau masalah manfaat upil saya belumpaham," kata Dr Agus.

Tapi pada dasarnya lanjut Dr Agus, tubuhmanusia diciptakan sempurna dengan sistem pertahanan yang canggih danberlapis-lapis. Mulai dari bagian luar hingga bagian dalam terdapat sistempertahanan tubuh masing-masing.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar