Senin, 19 November 2012

Manfaat Obat Alami Dan Kesehatan Dari Pohon Singkong



[imagetag]

MANFAAT OBAT

ALAMI DAN KESEHATAN DARI POHON SINGKONG |

Singkong merupakan tanaman yang mudah tumbuh di mana saja daun dan ubinya dimanfaatkan untuk di konsumsi, banyak sekali olahan makanan yang berasal dari singkong. Singkong merupakan pohon yang idealnya tumbuh di iklim tropis seperti di asia, pohon singkong sendiri

berasal dari Amerika Selatan, kemudian deperkenalkan ke benua lain oleh bangsa Portugis pada abad 17 termasuk ke Indonesia

Singkong kaya akan karbohidrat, dan bisa menjadi pengganti nasi untuk energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain bisa dikonsumsi sebagai makanan ternyata singkong juga mempunyai khasiat lain sebagai pengobatan untuk kesehatan diantaranya sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan dapat meningkatkan nafsu makan, selain itu singkong mampu menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya. Baca juga:

Kehebatan pohon singkong, Zat racun tang terdapat pada makanan, Bahaya mie instant, Manfaat serta khasiat bawang putih, Tips menjadikan kulit putih alami

1. Rematik

Anda dapat menggunakan singkong sebagai pengobatan, baik dari dalam maupun luar. Pada pemakaian luar, gunakan daun singkong lima lembar ditambah 15 gram jahe. Lalu aduk dan oleskan pada tubuh.

Untuk pengobatan dari dalam, Anda dapat menggunakan 100 gram batang singkong, serai, garam, jahe 15 gram. Semua bahan tersebut direbus dengan 1000cc air hingga menjadi 400 cc, saring. Minum sebanyak 200cc sekali dalam sehari. Lakukan selama dua hari.

2. Demam

Anda dapat menggunakan batang singkong untuk menurunkan suhu tubuh. Rebus 60 gram batang singkong dan 300 gram daun singkong dengan 800 cc air. Biarkan rebusan menyusut sampai 400 cc, saring dan minum. Untuk hasil maksimal, Anda harus meminumnya dua kali sehari.

3. Luka

Singkong juga dapat digunakan untuk mengobati luka yang telah memasuki tahap infeksi. Tumbuk batang singkong yang masih segar, lalu tempel di daerah yang luka. Bisa juga Anda memarut singkong, lalu tempel di daerah yang luka dan tutup dengan perban. Untuk luka yang disebabkan oleh benda panas, singkong dapat diparut dan diperas. Kemudian oleskan di daerah luka. Lakukan hingga luka mengering.

4. Diare

Untuk mengobati diare atau sakit perut, Anda dapat menggunakan daun singkong. Caranya dengan merebus tujuh lembar daun singkong, dengan 800 cc air, biarkan hingga menyusut 400 cc, saring dan minum.

5. Sakit Kepala

Minum obat sakit kepala terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba cara alami dengan menumbuk daun singkong sampai halus, lalu menaruhnya di atas kepala untuk kompres.

6. Beri-beri

Beruntung bagi mereka yang gemar menyantap daun singkong, karena akan terhindar dari penyakit ini. Namun, bagi yang sudah terkena penyakit beri-beri, harus mengonsumsi 200 gram daun singkong rebus seperti sayuran segar.

7. Meningkatkan Stamina

Untuk meningkatkan stamina, campurkan 100 gram singkong, 5 butir angco, dan air. Untuk menghindari rasa pahit, Anda dapat menambahkan madu. Selamat mencoba!

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar