Kamis, 08 November 2012

Premier League : Chelsea 2 - 3 Manchester United (Week 9)



Data Dan Fakta: Chelsea vs Manchester United
Ringkasan
Chelsea mendapatkan kekalahan pertama kami di Liga Primer musim ini setelah hanya bermain dengan sembilan pemain di babak kedua di Stamford Bridge.
Setelah tertinggal dua gol di awal laga, kami kemudian mampu menyamakan kedudukan. Namun Branislav Ivanovic dan Fernando Torres lalu dikeluarkan dalam hitungan menit, dan membuat United bisa kembali mengontrol pertandingan dan mencetak gol kemenangan yang meragukan lewat Javier Hernandez.


Babak pertama
Aksi pertama di laga ini dilakukan oleh Robin van Persie, yang melepaskan tendangan keras dari jarak 35 yards namun masih tepat ke pelukan Petr Cech. Namun satu menit kemudian, The Blues akhirnya tertinggal karena sosok yang sama.
Chelsea kehilangan bola dan United dengan cepat melakukan serangan balik. Rooney memberikan umpan kepada Van Persie, yang tendangan kaki kanannya mengenai mistar gawang sebelum memantul kembali ke lapangan dan mengenai tubuh David Luiz dan kemudian masuk.
Kebobolan di awal laga dari United bukanlah hal yang bagus, karena mereka akan bertahan makin dalam dan memanfaatkan serangan balik.
Hal itulah yang terjadi setelah 11 menit, ketika Rafael menguasai bola di sisi kanan dan memberikannya kepada Antonio Valencia. Pertahanan Chelsea tidak cukup rapat, dan pemain asal Ekuador tersebut melepaskan umpan silang mendatar di antara kaki David Luiz ke depan gawang, di mana Cahill mencoba menghalau namun tidak dalam posisi yang tepat, dan Van Persie yang tidak terjaga langsung menyambar bola.
Chelsea sebenarnya lebih menguasai bola dan area di lapangan, tetapi terlalu sering gagal memberikan umpan di sepertiga wilayah lawan.
David Luiz sempat membuat peluang lewat tendangan bebasnya yang keras namun mampu dihalau oleh kaki David De Gea.
Di 10 menit terakhir babak pertama, Chelsea makin mendapatkan momentum untuk memperkecil kedudukan. Peluang emas sempat didapatkan Chelsea saat Juan Mata memberikan umpan silang dan kemudian disundul Torres, namun De Gea mampu melakukan penyelamatan gemilang.
Chelsea akhirnya mendapatkan ganjaran karena terus melakukan tekanan, dan lagi-lagi lewat Mata.
Hazard dijatuhkan oleh Rooney 25 yard dari gawang, dan sang nomor 10 pun melepaskan tendangan bebas indah ke pojok gawang lawan, yang tak mampu dijangkau De Gea.
Dengan masih tersisa 45 menit babak kedua, masih ada harapan bagi kami.

Babak kedua
Chelsea cukup beruntung tidak dihukum penalti ketika David Luiz memblok umpan silang Valencia dengan lengannya. Tidak ada kesengajaan namun lengan pemain Brasil tersebut terangkat. Beberapa saat kemudian, kami mampu menyamakan kedudukan.
Umpan Oscar yang brilian berhasil dikejar Mata, yang kemudian mengangkat bola ke tiang jauh. Oscar kemudian menerimanya dan langsung mengangkat bola ke depan gawang, di mana Ramires lalu menyambarnya dan mencetak gol lewat sundulannya.
Namun ketika kami mendapatkan momentum itu, kami harus kehilangan pemain. Ashley Young yang mampu berlari sendirian di pertahanan Chelsea dijatuhkan oleh Ivanovic yang mengejarnya meski sebenarnnya tidak ada kesengajaan.
Wasit Mark Clattenburg kemudian menghentikan pertandingan dan meski ada David Luiz di dekat situ, ia memilih untuk mengeluarkan kartu merah dan membuat Chelsea bermain dengan 10 pemain.
Daniel Sturridge baru akan masuk untuk menggantikan Torres ketika sang striker asal Spanyol itu mendapatkan kartu kuning kedua, setelah terjatuh karena diganjar oleh Evans. Namun kontroversi belum berhenti sampai di situ. Setelah keunggulan dua gol mereka buang, dengan keunggulan dua pemain, tim tamu tidak mau menyia-nyiakannya begitu saja.
Setelah Cech menyelamatkan tendangan mendatar Van Persie dan membuang bola dengan kakinya, bola kemudian jatuh ke kaki Rafael yang lalu entah berniat melepaskan tendangan atau umpan ke depan gawang. Tetapi bola jatuh tepat ke kaki Javier Hernandez yang dengan cepat menyonteknya ke gawang. Hernandez terlihat offside saat melakukan sontekan tersebut, tetapi hakim garis tidak melihatnya dan gol tersebut tetap sah.
Kami pun kalah untuk pertama kalinya di kandang sejak Mei, dan rentetan tidak terkalahkan kami di liga musim ini akhirnya berakhir.

Chelsea (4-2-3-1):
Cech (c); Ivanovic, Cahill, David Luiz, Cole; Ramires, Mikel; Mata (Bertrand 71), Oscar (Azpilicueta 66), Hazard (Sturridge 82); Torres.
CadanganTurnbull, Romeu, Marin, Moses.
GolMata 43, Ramires 53
Kartu Kuning Torres 45+1, Mikel 76
Kartu Merah Ivanovic 62, Torres 68

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Rafael, Ferdinand, Evans, Evra (c); Carrick, Cleverley (Hernandez 64); Valencia, Rooney (Giggs 73), Young; Van Persie.
CadanganLindegaard, Anderson, Scholes, Nani, Welbeck.
GolDavid Luiz (og) 3, Van Persie 12, Hernandez 75
Kartu Kuning Rooney 43, Valencia 90+1

WasitMark Clattenburg
Jumlah Penonton 41,644

Tidak ada komentar:

Posting Komentar