Jumat, 02 November 2012

Sejarah Gitar Listrik



[imagetag]

Gitar listrik awalnya didisain oleh pembuat gitar, pencinta elektronikadan pabrikan alat-alat musik. Inovator gitar Les Paul mengadaptasi instrumenhollow bodied dengan memakai tungsten pickup, gitar jenis ini mulai diproduksioleh Electro String Instrument Corporation di tahun 1932. Disain pertama merekadibuat oleh Harry Watson, seorang ahli yang bekerja di Electro StringCompany.Gitar baru tersebut dinamai "Rickenbacker" oleh perusahaandan menjadi yang pertama di jenisnya. Dokumentasi pertama penampilan dengan gitarlistrik adalah tahun 1932 oleh seorang gitaris dan bandleader Gage Brewer.Brewew mempublikasikan instrumen barunya dalam sebuah artikel di Wichita Beaconpada 2 oktober 1932 dan terus tampil dalam bulan tersebut. Perekaman pertamadengan gitar listrik dibuat oleh pemain-pemain Hawaiian Style seperti Andy Ioladi awal tahun 1933.

Alvino Rey adalah seniman yang membawa instrumen ini ke penikmat yanglebih luas dalam suatu settingan orkestra besar, kemudian mengembangkan gitardengan pedal besi untuk Gibson Ediie Durham memperkenalkan instrumen gitarlistrik spanish kepada seorang pemuda yang bernama Charlie Christian yangmembuat instrumen tersebut terkenal dalam perjalanan hidupnya dan secara umumdikenal sebagai gitar listrik pertama dan juga membawa pengaruh yang besar kedalam musik jazz sampai dekade selanjutnya. Perekaman pertama gitar listrikspanish adalah di Dallas September 1939, dalam sebuah session oleh Roy Newmanand His Boys sebuah band Western Swing. Sang gitaris Jim Boyd memakai gitarlistriknya sepanjang perekaman 3 buah lagu salah satunya "Corrine,Corrina". Awal-awalnya pabrikan gitar meliputi:

* Rickenbacker di tahun 1932

* Dobro tahun 1933

* National, Audio Vox dan Volu-Ton tahun 1934

* Vega, Epiphone, dan Gibson tahun 1936

* dan banyak lagi sejak tahun 1936.

Versi instrumen yang paling dikenali saat ini adalah Solid BodiedElectric Guitar atau gitar listrik berbodi padat, yang terbuat dari kayu padattanpa ruang udara di bodinya. Rickenbacker menawarkan sebuah gitar listrikdengan cetakan aluminium yang dijuluki The Frying Pan atau The Pancake Guitar.Dikembangkan tahun 1931 dan mulai diproduksi dimusim semi 1932, gitar inimenghasilkan suara yang modern dan agresif. Perusahaan Audio Vox membuat danmungkin sudah menawarkan gitar solid body di pertengahan 1930.

Sebuah gitar padat lainnya didisain oleh seorang musisi danpenemu Les Paul di awal 1940, dia bekerja paruh waktu di Epiphone Guitar. GitarLog Guitarnya telah dipatenkan dan sering dianggap sebagai yang pertama dijenisnya.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar