Sabtu, 10 November 2012

Ternyata Origami Bukan Dari Jepang!



[imagetag]

Sejarah origami

terukirsetelah seorang asal Cina yang bernama Ts"ai Lun memperkenalkanya padaabad pertama di Cina pada 105 A.D. Kemudian sejarah origami tercatat pada abadke enam origami mulai di kenal di spanyol dan jepang hal ini terjadi karena dibawa oleh saudagar dari arab yang singgah di spanyol sedangkan di jepangsendiri di bawa oleh seorang dokter pribadi Ratu Shotoku dan dia juga seorangBiksu Buddha

Sejarah Origami di Jepang

Sejarah Origami

mulai tercatatdi jepang dan menjadi semakin populer di negri sakura tersebut dari sinilahorigami menjadi warisan turun temurun dari leluhur dan menjadi salah satubagian kebudayaan di jepang.Sejarah origami sendiri oleh masayrakat jepang diyakini sudah ada sejak zaman Heian (741-1191), pada Zaman Heian ini origamilebih di kenal dengan sebutan orikata, orisui atau arimono sedangkan pada ZamanKamakura (1185-1333) origami di kenal dengan sebuatan noshi awabi (noshi) danpada Zaman Muromochi (1338-15730) origami berkembang dan menjadi image golonganbangsawan yang memisahkan golongan kelas atas dengan golongan kelas bawah.

Sejarah Origami Buku Senbazuru Orikata

Sejarah origami mencatat Buku Senbazuru adalah buku origami tertua yangpernah ada Ketika itu origami masih dikenali sebagai orikata. Buku ini dianggapbuku Origami tertua di dunia dan mengandungi 49 REN-ZURU (Jenjang berkait) danKYO-KA (puisi lucu pendek). Pengarangnya bernama AKISATO RITO yang mengumpulkanmodel-model GIDO bersama KYO-KA dan menerbitkannya sebagai Senbazuru Orikata.Pada tahun yang sama suatu risalah berjudul "Chushingura Orikata" yang memuatlipatan bentuk manusia turut dikeluarkan oleh pengarang yang sama. Pada 1850suatu naskah tulisan lain berjudul Kayaragusa diterbitkan. Naskah ini berisi 2bagian origami , yaitu rehlah dan keagamaan. Kebanyakannya merupakan modelorigami yang terdapat pada Chushingura Orikata.

Pada 1819 buku "Sekejap mata menghasilkan burung kertas" memperlihatkanbagaimana burung dihasilkan dari kertas. Kemudian pada tahun 1845 kumpulanlengkap bentuk lipatan tradisi Jepang ditulis dan diterbitkan dalam buku Kan nomado. Buku itu berisi lebih kurang 150 contoh origami, termasuk model katak.Pada tahun 1880 seni melipat kertas itu mulai orang dengan Origami. Kata ituberasal dari bahasa Jepang oru (melipat) dan kami (kertas). Kata origamikemudian mulai menggantikan istilah orikata, orisui ataupun orimono. Pada zamanShowa (1926-1989) origami kurang diminati dan hanya noshi yang masih populerdigunakan untuk pertukaran hadiah antara samurai. Waktu itu kertas merah danputih digunakan untuk membalut kepingan nipis daging, tiram, atau ikan.

Pada zaman Edo (1600-1868) produksi kertas yang berlimpah menjadikankertas mudah diperoleh. Ini menjadikan origami berkembang lebih pesat. Padaakhir zaman Edo hampir 70 bentuk dihasilkan termasuk burung jenjang (Orizuru),katak, kapal dan balon yang masih tetap dikenal hingga sekarang.

Pada era Genroku (1688-1704), corak kain origami burung jenjang(Orizuru), dan corak pelbagai bot menjadi populer dan sering dibuat dalam corakkain Ukiyoe. Ini memperlapang jalan origami untuk berkembang lebih luas padamasa sekarang. Pada zaman Meiji (1868-1912), origami digunakan sebagai alatmengajar di taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Itu semua berkat pengaruh dariahli pendidikan Friedrich Wilhelm August Fr=C3=B6bel (1782-1852).

Nah itu sedikit sejarah origami, bagi teman-teman yang memang hobi denganorigami mungkin artikel di atas tadi bisa menjadi referensi atau menambahpengetauan asal -usul origami dari sejarah origami .

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar