Minggu, 25 November 2012

Yuk, Nikmati Supermoon Nanti Malam !!



[imagetag]

Lupakan sejenak banyak hal, apakah itu silang-sengketakorupsi Wisma Atlet dengan titik sentral politisi jelita Angelina Sondakh yangmakin ruwet juntrungannya, wacana kenaikan harga BBM, ujian nasional yangdiwarnai banyak drama, hingga kemacetan parah yang sulit sekali diretaspemerintah.

Lebih baik sisihkan waktu memandang langitnanti malam untuk melihat supermoon. Mari berharap agar langit nanti malambersih dari awan mendung, apalagi hujan! Supermoon lebih indah daripada bulanpurnama biasa.

Masyarakat Amerika Serikat sudah beberapa saatlalu membicarakan supermoon ini; beberapa situs bahkan memuat infografis lokasidan saat terbaik menyaksikan fenomena alami yang indah ini.

Ingat film When Harry Met Sally? Malamromantis saat Meg Ryan (aktris utama) menerima cinta duda beranak satu bocahlelaki, Tom Hanks (aktor utama) terjadi di puncak gedung berlatar bulanpurnama.

Bagi Indonesia, supermoon bisa lebih indahlagi karena kita diuntungkan posisi ekuatorial yang pas untuk keperluan itu.Posisi terdekat bulan dalam orbit ovalnya (perigee) ada pada titik 221.802 millaut atau 356.955 kilometer berdasarkan catatan NASA dan ini sekitar 10 persenlebih dekat ketimbang jarak rerata orbit bulan sebagai satelit Bumi.

Konsekuensi dari posisi yang lebih dekat padakisaran waktu berjam-jam pada Minggu malam nanti (6/5) adalah pancaran sinarnya30 persen lebih terang dan ukurannya 14 persen lebih besar ketimbang biasanya.Di Amerika Serikat supermoon kali ini diperkirakan terjadi pada pukul 23.54waktu pantai timur pada Sabtu malam ini.

Yang lebih menyenangkan kalangan pecintaastronomi adalah, supermoon Minggu malam nanti juga akan berbarengan denganhujan meteor Aquarid, yang diketahui adalah sisa-sisa buntut komet Halley. Akantetapi hujan meteor ini diramalkan akan tidak bisa dilihat jelas karena kalahterang dari cahaya supermoon.

Hujan meteor Aquarid ini juga kurang suksesuntuk dapat diamati dari sisi Indonesia, karena bidang lintasannya lebih dekatke belahan utara Bumi. Kesamaan masa antara supermoon dan hujan meteor Aquaridinilah yang tengah menjadi pembicaraan pada kalangan ahli astronomi danpeneliti amatir astronomi.

Menurut perhitungan NASA, supermoon akanmuncul terlebih dahulu dengan selisih sekitar dua atau tiga jam sebelum hujanmeteor Aquarid terjadi. Apapun itu, ada beberapa saran untuk bisa melihatsupermoon secara memuaskan (jika cuaca mendukung): cari lokasi bebas kepunganbangunan tinggi, bebas polusi, dan beri mata beberapa saat untuk terbiasadengan suasana gelap.

Kalau semuanya telah tercapai --sekali lagi,jika cuaca mendukung-maka akan mudah disaksikan supermoon.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar