Kamis, 20 Desember 2012

10 Fakta Menarik Tentang Bumi



[imagetag]

Tempat tinggal kita (bumi), dipenuhi deganfakta-fakta menarik yang tidak pernah membosankan untuk dibicarakan.Keseluruhan fakta ini mengarah kepada komposisi yang sangat mendukung kehidupandi bumi dapat berlangsung. Maka benarlah yang Allah katakan di dalam Al Quran,tidak ada ciptaanNya yang sia-sia, semua yang ia ciptakan adalah untukmendukung kehidupan kita, yaitu manusia.

Seperti yang kita kenal dari keadaan planetkita, ternyata masih ada hal-hal yang baru ditemukan setiap hari. Bahkan, darisebagian besar lautan, masih belum pernah dieksplorasi sama sekali. Haltersebut disebabkan keterbatasan kita sebagai manusia, keberadaan teknologiyang belum ada, sehingga ada batasan kedalaman laut yang dapat kita jelajahi.Namun dengan penelitian yang berkelanjutan, setiap hari kita mendapatkanratusan spesies baru.

Hutan hujan mempersembahkan hewan dan tanamanbaru setiap manusia melakukan penjelajahan. Bumi terus berubah, bergeser, danmengekspos rahasia baru bagi manusia untuk mengagumi. Butuh waktubertahun-tahun dan banyak sekali pemikiran besar untuk memecahkan masalahatmosfer bumi apalagi luar angkasa. Semua usaha, setiap saat, selalu memberikanfakta baru.

Dalam kesempatan kali ini, saya mengumpulkansepuluh fakta menakjubkan tentang rumah kita ini, mungkin sebagian dari kitatidak/belum menyadari.

1. Atmosfir Bumi

Bumi memiliki banyak lapisan mantel atmosfer,seperti; mesosfer, ionosfer, eksosfer, dan termosfer. Tapi lapisan troposfer,yang paling dekat dengan bumi, yang mendukung kehidupan kita, ternyata hanyamemiliki lapisan paling tipis, yaitu sekitar 16 km saja.

2. Gurun Pasir

Percaya atau tidak, sebagian besar gurun dibumi tidak seluruhnya terdiri atas pasir. Sekitar 85% isi gurun adalah batu dankerikil. Gurun terluas di bumi, Sahara, mengisi sekitar 1/3 dari Afrika (danterus berkembang) dapat mengisi permukaan yang hampir seluas benua AmerikaSerikat.

3. Bumi tidak bulat..??

Faktanya, bumi ternyata tidak benar-benarbulat. Hal ini disebut oblate bulat arti itu agak pipih pada bagian atas danbawahnya.

4. Lautan garam

Jika Kawan bisa menguap seluruh air dari semualautan dan menyebarkan garam yang dihasilkan meliputi seluruh tanah di Bumi,maka Kawan akan membuat lapisan garam setinggi 150 meter.

5. Danau atau laut..??

Terdapat laut di dalam pulau yang sejatinyadisebut Danau, namun danau tersebut amat luas, yaitu Laut Kaspia yang berada diperbatasan Iran dan Rusia

6. Pegunungan

Gunung Andes di Amerika Selatan merupakanpegunungan terpanjang di dunia, yaitu kisaran panjang 7.282 kilo meter.Sedangkan pegunungan terpanjang kedua: The Rockies, Ketiga: Himalaya; Keempat:The Great Dividing Range di Australia, Kelima: pegunungan Trans di Antartika.Sebagai catatan, untuk setiap 980 kaki atau 300 meter kita naik gunung, suhuakan turun 3-1/2 derajat.

7. Danau dalam

Danau terdalam di dunia ada di daerah bekasatau pecahan Uni Soviet yaitu Danau Baikal. Danau ini memiliki panjang 644 km,lebar sekitar 48 km. Kedalamannya tercatat lebih dari 1600 meter. Kedalaman inicukup untuk mengosongkan air dari lima danau terbesar di amerika The GreatLakes

8. Gempa Bumi

Apabila gempa bumi terjadi, kerusakan parahdapat terjadi bahkan hingga mematikan. Namun tahukah kawan, setiap tahunsebenarnya terjadi tidak kurang dari 1 juta kali gempa bumi, hanya saja sebagianbesarnya tidak tercatat.

9. Terpanas di bumi

Kebanyakan orang percaya bahwa Death Valley diCalifornia Amerika Serikat adalah tempat terpanas di bumi. Tetapi suhu terpanasyang pernah tercatat ternyata di Azizia Libya, suhu pernah tercatat hingga 136derajat Fahrenheit (57,8 derajat celcius) pada 13 september 1922. Sedang diDeath Valley, suhu tertinggi yang pernah tercatat hingga 134 Fahrenheit (56,6derajat celcius) pada 10 Juli 1913.

10.Debu dalam angin

Ahli dari Biro Geologi Amerika Serikatmenyatakan bahwa sekitar 1.000 ton debu terkandung dalam angin jatuh menghujanipermukaan bumi setiap tahunnya.

Nah kawan, 10 fakta diatas merupakan sebagiandari seluruh fakta yang terjadi di bumi. Namun sejatinya fakta-fakta tersebutmasih terus bertambah seiring dengan kemajuan penelitian yang dicapai manusia.

Semoga menambah pengetahuan kita semua. Namunbila ada yang ingin kawan menambahkan, tulislah disini. Sekalian kita sharingpengetahuan. Mantab kan?

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar