Selasa, 11 Desember 2012

5 Langkah Untuk Bikin Tulang Lebih Kuat



[imagetag]

Tulang yang kuat di masa tua tentu tak bisa didapatkan begitu saja. Jika Anda menginginkan tulang yang kuat hingga tua, maka perawatannya harus dimulai dari sekarang. Coba ikuti lima langkah yang diberikan oleh Times of India(28/06) di bawah ini untuk mendapatkan tulang yang padat dan kuat.

1. Makan dengan benar

Mencukupi asupan kalsium sebesar 1.000 mg setiap hari adalah langkah awalnya. Pastikan Anda mendapatkan kalsium yang cukup melalui beberapa makanan seperti susu skim dan yogurt, serta ikan salmon dan sarden. Sayuran seperti bayam, brokoli, dan kale juga kaya kalsium.

2. Dapatkan lebih banyak vitamin D

Vitamin D akan membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Meskipun vitamin D bisa didapatkan melalui minyak ikan, namun vitamin D terbesar adalah sinar matahari. Namun, jangan terlalu lama di bawah sinar matahari. Pastikan Anda hanya berada 10 menit di bawah sinar matahari pagi yang masih hangat.

3. Gerakan yang tepat

Hal yang tak kalah penting untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda adalah dengan melakukan olahraga. Namun, bukan sembarang olahraga. Olahraga yang paling baik untuk menjaga tulang kuat adalah aerobic, menari, dan berjalan cepat. Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda tak cukup melakukan olahraga maka Anda hanya akan membuang kalsium yang Anda konsumsi, bukan menyerapnya pada tulang.

4. Berhenti merokok dan minum alkohol

Orang yang merokok memiliki kepadatan tulang yang rendah, sementara minum alkohol lebih dari tujuh kali seminggu akan mencegah tulang menyerap kalsium yang dibutuhkan dari makanan.

5. Jangan stres

Tingkat stres yang tinggi bisa memicu produksi hormon cortisol pada tubuh. Hormon ini bisa menyebabkan hilangnya kepadatan tulang. Jika hal ini terus terjadi, maka stres juga bisa menyebabkan osteoporosis. Melakukan yoga, berjalan dan bermain dengan keluarga dan hewan peliharaan, serta mendengarkan musik bisa meredakan stres.

Kelima petunjuk di atas akan membuat tulang Anda lebih kuat dan anti keropos. Selamat mencoba!.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar