Senin, 17 Desember 2012

8 Kecerdasan Otak Bayi



[imagetag]

8 Kecerdasan Otak Bayi Meskipun tampak mungil dan tidak berdaya, tetapi penelitian menunjukkan bahwa bayi memiliki kecerdasannya sendiri. Berikut adalah 9 macam kecerdasan yang dimiliki bayi sejak mereka lahir.

1. Tahu siapa "bosnya"

Sejak usia 10 bulan, bayi sudah bisa mengenali hirarki sosial dan mampu memahami siapa yang paling "berkuasa". Yang menarik, para bayi sudah mengetahui konsep tersebut bahkan sebelum mereka menguasai bahasa.

2. Membaca emosi anjing peliharaan

Bahkan sebelum mereka bisa mengucapkan kata "mama", bayi sudah mampu membaca emosi anjing peliharaan. "Emosi adalah hal pertama yang bayi pelajari dari lingkungannya," kata Ross Flom, profesor psikologi dari Brigham Young University di Utah.

3. Memahami mood dan emosi

Meski mereka belum bisa bicara, bayi sudah bisa mengetahui apakah orangtuanya sedang gembira atau sedih berdasarkan intonasi suara yang didengarnya. Kemampuan itu mereka miliki di usia 5 bulan.

4. Terlahir untuk menari

Bayi memang menyukai musik. Lebih dari itu, mereka mampu menyesuaikan gerakan tubuhnya dengan musik yang mereka dengar. Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, kemampuan untuk bergoyang atau menari adalah bawaan manusia sejak lahir.

5. Meniru aksi

Sebuah penelitian menemukan, saat bayi berusia 9 bulan, area otak mereka akan ikut aktif saat mereka melihat orang lain melakukan sesuatu kegiatan, misalnya menarik benda. Meski tidak melakukan kegiatan tersebut, saraf-saraf dalam otak tetap aktif.

6. Belajar cepat

Meski sedang tertidur, bayi sebenarnya bisa belajar. Otak mereka memiliki kemampuan seperti spons data dengan menyerap informasi tanpa henti. Karena itu mungkin bayi baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur supaya mereka bisa dengan cepat beradaptasi dengan dunia barunya.

7. Memahami bahasa

Kemampuan bayi dalam memahami bahasa sebenarnya sungguh luar biasa. "Bayi baru lahir bahkan bisa membedakan dua bahasa berbeda dan tanpa kesulitan bisa mempelajari bahasa mana pun," kata George Hollich, psikolog yang banyak melakukan riset mengenai kemampuan bahasa bayi. Menurutnya, bayi bisa memahami tata bahasa di usia 15 bulan.

8. Mengenali karakter

Mengetahui mana yang suka membantu dan mana yang egois adalah kemampuan yang perlu dimiliki dalam memilih teman. Dan tahukah Anda bahwa kemampuan itu sudah dimiliki manusia di usia dini. Riset menunjukkan bayi berusia 10 bulan cenderung memilih orang yang memiliki karakter gembira dan baik.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar