Kamis, 06 Desember 2012

Knkt: Belum Terbukti, Pilot Sukhoi Melarikan Diri



[imagetag]

Penemuan parasut di dekat jenazah yang diduga pilot Sukhoi Superjet 100 masih jadi teka-teki. Apakah dengan parasut itu milik pilot atau bagian dari pesawat dalam kondisi mendarat darurat.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi menegaskan isu pilot Sukhoi, Alexander Yablontsev, melarikan diri belum bisa dibuktikan. Pasalnya, komponen kotak hitam belum lengkap. Hingga kini, SAR baru menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) dan belum menemukan Flight Data Recorder (FDR).

"Parasut itu prosedur pertahanan. Kalau pesawat jatuh di hutan atau daerah bersalju, parasut ini bisa dijadikan tenda," kata Tatang dalam jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, hari ini. Biasanya, kata dia, parasut diletakkan di bagasi pesawat.

Terkait CVR, KNKT sudah selesai mengunduh. Rusia, imbuhnya, sudah mengirim serial number untuk mengunduh CVR itu. "Sedang didengar para ahli saat ini."

Isi percakapan, kata dia, tidak bisa diungkap ke publik karena dilindungi undang-undang. KNKT Indonesia dan Rusia bersama-sama tengah menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi 9 Mei lalu.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar