Sabtu, 08 Desember 2012

Steven Gerrad Dan Jamie Oliver Perangi Obesitas Di Inggris



[imagetag]

Unik Asik_

Kapten Liverpool Steven Gerrad dan bintang acara memasak di televisi Jamie Oliver mendesak pemerintah Inggris memerangi kegemukan di kalangan anak-anak sekolah.

Gerrad, Oliver, dan sejumlah tokoh pendidikan dan kesehatan resmi meluncurkan kampanye mereka hari Minggu (6/5), yang ditandai dengan pengiriman surat terbuka kepada Perdana Menteri David Cameron, mendesak agar memasak menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah.

Para tokoh masyarakat ini mengatakan kebanggaan Inggris menggelar Olimpiade tahun ini dinodai oleh

kenyataan bahwa Inggris adalah negara paling gemuk di Eropa.Mereka mengatakan harus ada pelajaran memasak untuk anak-anak usia 4-14 tahun.

"Namun pada saat yang sama Olimpiade juga bisa menjadi pintu masuk untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik," kata mereka.

Dalam surat kepada PM Cameron, mereka mengatakan mengajarkan kepada anak-anak bagaimana menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi akan menjadi salah satu langkah penting untuk memerangi kegemukan.

Tanpa kemampuan memasak, kata mereka, orang-orang tidak memiliki banyak pilihan dan akhirnya membeli makanan jadi di pasar swalayan atau restoran cepat saji.

Kampanye ini didukung berbagai organisasi, antara lain asosiasi dokter anak Inggris.

"Inggris tercatat sebagai negara dengan tingkat obesitas tertinggi di Eropa. Satu dari tiga murid kelebihan berat badan. Kalau tidak segera dilakukan perubahan, jumlah warga Inggris yang terkena diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi akan membengkak," kata Terence

Stephenson, ketua asosiasi dokter anak Inggris.

"Kita harus bertindak sekarang juga. Tetapi kami tidak bisa melakukannya sendirian. Harus ada dukungan dari orang tua, sekolah, pakar kesehatan, dan pemerintah," tambah Stephenson.

Bukan sekali ini Jamie Oliver memimpin kampanye makanan sehat.

Sebelumnya Oliver terjun langsung ke berbagai sekolah di Inggris dan mengganti menu makan siang dengan makanan-makanan yang lebih sehat.

Kapten Liverpool Steven Gerrard sementara itu dikenal sebagai duta besar program Get Up Get Movingyang ditujukan mendorong anak-anak lebih sering berolahraga dan mengkonsumi makanan yang lebih sehat.(bbc)

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar