Rabu, 05 Desember 2012

Yuk, Cek Kebenaran 8 Mitos Tentang Jerawat



[imagetag]

Banyak mitos berkembang di masyarakat tentanghal-hal yang bisa menyebabkan jerawat. Misalnya saja makan cokelat bisa membuatwajat jerawatan atau jerawat menular. Benarkah mitos tersebut? Cek kebenarannyadi artikel berikut ini.

1. Makan Cokelat Jerawatan

Diana McShane, seorang dokter kulit di DukeUniversity, Amerika mengatakan cokelat tidak memiliki pengaruh pada timbulnyajerawat. "Cokelat disebut berperan dalam timbulnya jerawat selama beberapadekade tanpa ada data yang meyakinkan," ujar McShane. Beberapa studi jugatidak menemukan hubungan antara cokelat dan jerawat, meski belum ada satupundata yang dibukukan.

2. Karbohidrat Buat Jerawat Semakin Banyak

Mitos kedua ini benar adanya. Beberapa studimenyatakan bahwa karbohidrat dapat meningkatkan insulin dalam darah.Peningkatan insulin ini dapat mengganggu fungsi hormon sehingga menyebabkanjerawat. Dr Alan Shalita dari SUNY Downstate Medical Center di New Yorkmengatakan, "Saya akan menyuruh pasien yang berjerawat untuk mengurangiasupan karbohidrat."

3. Produk Olahan Susu Menyebabkan Jerawat

Studi kesehatan yang dilakukan oleh HarvardUniversity menemukan, remaja yang sering minum susu cenderung memiliki jerawatlebih banyak dibanding mereka yang mengonsumsi susu lebih sedikit. Doktermenyatakan, susu dapat menganggu fungsi hormon. Kemungkinan lain adalah guladalam susu dapat meningkatkan kadar insulin yang sama efeknya dengan makankarbohidrat. Produk olahan susu antara lain keju dan yoghurt.

4. Sering Membersihkan Wajah Bebaskan Andadari Jerawat

Bukan berarti dengan sering membersihkanwajah, Anda jadi bebas jerawat. Jika terlalu sering, kulit wajah bisa iritasidan timbullah jerawat. Meskipun wajah tetap harus dibersihkan dengan rutin,namun jarang terlalu sering. Saat mencuci wajah gunakan air hangat danpembersih wajah dengan formula lembut.

5. Mengatasi Jerawat Bisa dengan Memencetnya

Seringkali di tempat facial jerawat kitadipecahkan supaya jerawat hilang. Padahal cara tersebut salah. Jerawat tidakboleh dipencet secara paksa, karena dapat menimbulkan iritasi. Bukannya sembuh,jerawat bisa semakin membengkak.

6. Makanan Berminyak Penyebab MunculnyaJerawat

Mitos yang Anda dengar selama ini makananberlemak, seperti kentang goreng atau keripik, pasti menyebabkan jerawat karenamengandung minyak. Memang benar jika sebum--minyak alami-kulit dapatmenyebabkan jerawat. Tapi, minyak dalam makanan sama sekali tidak terkaitdengan sebum pada kulit. Kulit berminyak bisa desebabkan karena faktor genetikdan hormonal. Misalnya pada masa kehamilan, masa sebelum datang bulan atau padamasa puber.

7. Makan Kacang Bikin Jerawatan

Mitos ini tidak sepenuhnya benar. Beberapakacang justru memiliki kandungan yang bisa mencegah jerawat. Kacang almond danmete misalnya mengadung asam oksalat yang baik untuk merawat kulit. Kacangkedelai juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk kecantikan kulit.Omega 3 dari kacang kedelai telah terbukti dapat melawan inflamasi di tubuh danmencegah kulit kering serta menjadikan kulit tampak muda.

8. Jerawat menular

Mitos yang berkembang adalah, jerawat bisamenular kalau Anda dan pasangan bersentuhan di area yang berjerawat. Mitos inisalah. "Penyebab jerawat karena sumbatan, kelenjar minyak yang berlebihkemudian ada kuman, mikro organisme. Kuman yang ada di jerawat itu bukan yangada di permukaan kulit, tapi di dalam. Namanya kuman, kalau kita colek-colekkannggak pindah kumannya," ujar dr. Gloria Novelita, SpKK, dari klinikBeyoutiful Aesthetic, Jakarta.

: wolipop

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar