Rabu, 28 November 2012

Manfaat Kesehatan Dari Khitan



[imagetag]

Definisi khitan secara medis adalah memotongprepusium, yaitu kulit yang menutupi glans penis . Dalam prosesnya, khitanadalah tindakan pembuangan kulup penis dengan tujuan menjalankan syariat agamaataupun indikasi medis.

Khitan disebut juga sirkumsisi yang berartisayatan melingkar, yang dianalogikan pada pemotongan prepusium yang melingkarterhadap batang penis. Jurnal kesehatan di Amerika menyebutkan khitan atausirkumsisi adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruhkulit penutup depan dari penis.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa khitanmempunyai manfaat bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjaditempat persembunyian kotoran. Beberapa penelitian medis mengungkapkan bahwapenderita penyakit kelamin lebih banyak dari kalangan yang tidak dikhitan.Khitan dapat menghindari timbulnya berbagai penyakit di antaranya fimosis,parafimosis, kandidiasis, serta tumor ganas pada penis.

Para ahli kesehatan di Amerika sejak tahun1975 menyatakan bahwa secara medis tidak ada keharusan bagi bayi laki-laki yangbaru lahir untuk dikhitan, kecuali bila ada indikasi seperti menderita fimosisatau jika anak berusia di bawah lima tahun menderita infeksi saluran kemihberulang.

Pria yang dikhitan terbukti jarang tertularinfeksi yang menular melalui hubungan seksual dibanding mereka yang belumdikhitan. Penelitian dari Selandia Baru mengungkapkan bahwa pria yang tidakdikhitan memiliki risiko 2,66 kali serangan infeksi yang menular melaluihubungan seksual dibandingkan dengan pria yang tidak dikhitan.

Data WHO tahun 2007 menyebutkan diperkirakan30% laki-laki di seluruh dunia telah di-khitan. Khitan terbukti menurunkanrisiko infeksi saluran kemih. Suatu pertemuan internasional diadakan diSwitzerland yang memutuskan dan merekomendasikan khitan pada laki-laki sebagaiupaya pencegahan HIV/AIDS hingga sebesar 60%.

Secara medis tidak ada batasan umur berapayang boleh di-khitan. Usia khitan dipengaruhi oleh adat istiadat setempat. DiArab Saudi anak dikhitan pada usia 3-7 tahun. Di Mesir antara 5-6 tahun, diIndia antara 5-9 tahun, di Iran saat umur 4 tahun. Di Indonesia, suku Jawalazimnya mengkhitan anak di usia sekitar 15 tahun, sedangkan suku Sunda biasanyamengkhitan anak di usia 3-5 tahun.

Indikasi khitan dibagi menjadi dua yaituindikasi agama dan indikasi medis. Seringkali orangtua menginginkan anaknyadikhitan untuk menjalankan syariat agama. Khitan pun direkomendasikan padaorang yang mengalami infeksi berulang pada penis yang diakibatkan olehpenumpukan kotoran atau disebut dengan smegma.

Beberapa indikasi medis khitan yang palingumum adalah fimosis dan parafimosis. Fimosis adalah suatu keadaan di manaprepusium atau kulit kulup penis tidak dapat ditarik ke belakang. Fimosisbiasanya tidak terasa nyeri tetapi dapat mengakibatkan sumbatan keluarnya urindengan penggelembungan prepusium dan dapat mengakibatkan peradangan yangkronis.

Parafimosis adalah suatu keadaan di manaprepusium tertarik dan tertinggal di belakang kepala penis. Prepusium ini akanmenjepit dan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah dan terasa nyeri.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar