Minggu, 11 November 2012

Ini Yang Membuat Perempuan Lebih Cepat Butuh Kacamata



[imagetag]

Jika dibuat perbandingan maka perempuanlebih banyak yang menggunakan kacamata baca dibanding dengan laki-laki.Ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini.



Dalam studi sebelumnya telah dinyatakan bahwatidak seperti laki-laki, perempuan diketahui mulai menggunakan kacamatalebih dulu. Ternyata penelitian baru menemukan ada faktor lain dari penyebabini selain kemampuan fokus.

Bukti baru ini ditemukan oleh tim penelitiyang melakuakn meta-analisis dengan menggunakan 9 penelitian sebelumnya untukmembandingkan prevalensi terjadinya hilangnya kemampuan melihat dalam jarakdekat seiring bertambahnya usia pada laki-laki dan perempuan.

Analisis secara keseluruhan memberikan buktibahwa perempuan memiliki kebutuhan lebih tinggi dalam penggunaankacamata membava dibandingkan dengan laki-laki pada usia yang sama.

Para peneliti mengungkapkan perbedaan yangmuncul ini kemungkinan karena adanya perbedaan jarak baca atau panjang lengan.Diketahui perempuan memiliki panjang langan yang lebih pendek dari laki-laki,sehingga ia cenderung memegang bahan bacaan atau buku pada jarak yanglebih dekat ke mata dibanding laki-laki.

"Temuan ini memperkuat hubungandalam hal pemeriksaan gangguan mata untk perempuan, yaitu kelompok yang seringmemiliki kebutuhan lebih besar untuk menggunakan kacamata," ujar penelitiHickenbotham, seperti dikutip dari MedIndia.

Hickenbotham menuturkan gangguan mataseperti presbiopia adalah masalah yang bisa disebabkan oleh banyak hal ataumulti faktorial dan membutuhkan solusi yang disesuaikan dengan setiap individu.

Untuk itu dibutuhkan penanganan personal bagisetiap orang serta perlu melakukan pengukuran kemampuan mata terhadap fokusbenda ketika akan mendiagnosis presbiopia, serta memperkirakan faktor-faktorlain yang berkontribusi atau mempengaruhi.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar