Kamis, 01 November 2012

Pil Obat Yang Tertanam Micro Sensor Di Dalamnya...



[imagetag]

Dalam film Spongebob Squarepants, pernah dikisahkan untuk mencabut potongan clarinet yang tersangkut di tenggorokan squidward, spongebob dan patrick menaiki sebuah kapal selam dan mengecilkannya hingga seukuran kapsul agar bisa ditelan oleh squidward. Lalu setelah kapal selam tersebut ditelan, Spongebob dan Patrick kemudian mengeksplorasi isi perut dari squidward.

Nah, ternyata mengeksplorasi isi perut layaknya yang dilakukan Spongebob bukanlah sebuah hal yang mustahil dilakukan. Yah tentu saja dengan cara yang berbeda dengan cerita kartun tersebut. Baru-baru ini Proteus Digital Health telah meriset sebuah kapsul atau pil yang ditanamkan sebuah micro sensor di dalamnya yang memungkinkan kita "mengeksplorasi isi perut" kita.

Sebuah sensor micro seukuran butiran pasir ditanamkan dalam obat. Ketika obat tersebut bersentuhan dengan cairan lambung, maka itu akan menghasilkan tenaga untuknya dan kemudian sensor akan menyala. Sensor tersebut bekerja bersama dengan patch berbaterai yang digunakan pada kulit dan dapat menerima data yang dipancarkan oleh sensor. Patch ini memungkinkan kita untuk mendapatkan data seperti ketika sensor berhasil ditelan, detak jantung, suhu tubuh, serta posisi tubuh.

Data akan direkam selama 7 hari sebelum sensor tersebut akhirnya keluar dari tubuh. Informasi yang diperoleh dapat dilihat menggunakan aplikasi smartphone untuk kemudian ditunjukkan kepada dokter, atau petugas kesehatan yang terkait.

psfk.com

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar