Jumat, 02 November 2012

Proses Membangun Stasiun Ruang Angkasa

Pernah dengar International Space Station (ISS) ? Yup, stasiun ruang angkasa internasional ini memang luar biasa, dibikin dengan metode "knock-down", kerjasama antara negara-negara kaya. Gimana bikinnya?

Setup ISS pertama dilakukan oleh Rusia dengan modul ruang angkasa yang disebut "Zarya", yang dikirim ke luar angkasa pada tanggal 20 November 1998:

[imagetag]

8 Desember 1998, Amerika Serikat menginstall modul ruang angkasa Unity yang membuat bentuknya sedikit lebih cantik.

[imagetag]

Juli tahun 2000, Rusia kembali mengirim modul ruang angkasanya, Zvedza, untuk bergabung. Modul mirip kemudi ini sebenearnya adalah pesawat ruang angkasa Rusia Progress, yang sudah 30 kali bolak-balik dalam misi pengiriman selama dekade terakhir, lebih banyak dari seluruh misi pesawat ruang angkasa Amerika Serikat untuk pengembangan ISS.

[imagetag]

Bulan Oktober 2000, ISS menambah struktur barunya, Z1, sebuah antena baru, dan adaptor pasangannya yang baru, yang membuat ISS siap menerima modul baru untuk digabungkan. Perhatikan adaptornya di bawah ini:

[imagetag]

Selanjutnya di bulan Desember 2000 sebuah panel surya hebat dipasangkan ke ISS. Lihat solar panel yang paling atas! :

[imagetag]

Juli 2001, mereka menginstall kembali airlock Quest pada bgian luar ISS. Di bawah ini foto saat proses instalasi:

[imagetag]

Beikutnya adalah sosok ISS di bulan Agustus 2005. Meski banyak misi-misi perawatan dan misi-misi ilmu pengetahuan dilakukan dalam rentang 4 tahun, hanya sedikit saja komponen utama ISS yang diinstal.

[imagetag]

Akhirnya di Juni 2007, panel surya kedua dipasang berbarengan dengan penyangga power-conductor yang baru. Dari yang pertama, sulit dibayangkan, panel surya kedua ini baru bisa dipasang setelah 7 tahun!

[imagetag]

Bulan Juni 2008, giliran Jepang unjuk gigi dengan pemasangan Kibo Laboratory berbarengan dengan pemasangan (tebak apa?) panel-panel surya baru! Nah, kalo diperhatikan sosoknya sekarang, jauh lebih baik ketimbang saat kelahirannya.

[imagetag]

Dan akhirnya, langsung saja kita lihat bagaimana sosok terbaru ISS saat ini setelah beberapa kali misi pengiriman lagi ke ISS. Perhatikan laboratorium-laboratorim terbaru disini (dilihat dari luar): Harmony Node (kiri bawah), Kibo Labs (kiri tengah), dan Columbus Labs (kanan tengah). Ketiganya bisa dihuni manusia.

[imagetag]

ISS ini beratnya lebih dari 300.000 kilogram dan ruang seluas 360 meter kubik siap huni, cukup untuk 6 orang dalam satu waktu. Meskipun misi ISS ini belum rampung, nantinya saat selesai dibangun sosoknya akan seperti di bawah ini:

[imagetag]

ISS ini berfungsi sebagai wahana penelitian di ruang angkasa, cikal bakal pencarian manusia untuk survive di luar angkasa kelak jika bumi harus ditinggalkan.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar