Kamis, 15 November 2012

Bahaya Hubungan Intim Saat Menstruasi



[imagetag]

"Wanita yang sedang datang bulansebaiknya tidak melakukan hubungan intim!" Apakah Anda pernah mendengarlarangan tersebut? Larangan ini hampir seperti mitos turun temurun, bahkanmenjadi larangan dalam beberapa agama. Larangan itu bukan tanpa alasan, karenahubungan intim yang dilakukan wanita saat menstruasi bisa mendatangkan masalahkesehatan yang serius.

Inilah beberapa bahaya jika seorang wanitamelakukan hubungan intim pada saat menstruasi, dijelaskan oleh Laura Berman,PhD, seorang pakar seks dan terapis dari Feinberg School of Medicine,Northwestern University, Chicago.

Seorang wanita lebih berisiko mengalamipenularan penyakit menular seksual saat menstruasi ketimbang hari biasa. Halini disebabkan karena saat menstruasi, leher rahim terbuka agar darahmenstruasi dapat keluar. Terbukanya jalur tersebut akan memudahkan bakterimasuk dan menyebar hingga rongga panggul.

Wanita juga lebih mungkin mengalami penularanHIV dan hepatitis melalui hubungan seksual dari pasangannya selama periodemenstruasi.

Infeksi bakteri juga dapat terjadi pada saatmenstruasi, karena pH (tingkat keasaman) pada vagina mengalami perubahandibandingkan hari-hari sebelum atau sesudah menstruasi.

Tetap Bisa HamilSaat Berhubungan Intim Ketika Menstruasi

Ada mitos yang berkembang bahwa jika seorangwanita melakukan hubungan seksual saat menstruasi, dia tidak akan hamil. Caraini salah dan berbahaya. Menurut Dr Berman, seorang wanita tetap bisa mengalamikehamilan bila berhubungan intim ketika sedang menstruasi. Jadi lupakan sajacara ini, karena bukan merupakan metode pencegah kehamilan.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar