Minggu, 23 Desember 2012

10 Gunung Di Dunia Yang Disucikan Oleh Masyarakat

Terdapat beberapa gunung yang disucikan diberbagai tempat. Hal ini dikarenakan sejarah maupun kepercayaan dari masyarakatsekitar yang mempercayai bahwa di gunung tersebut tempat tinggal para dewamaupun memiliki kekuatan magis tersendiri. Mari kita simak gunung-gunung yangdisucikan dibawah ini.

1. Gunung Olimpus, Yunani

[imagetag]

Gunung ini merupakan tempat tinggal legendarispara dewa mitos Yunani dan singasana dari dewa Zeus. Tingginya mencapai 2919meter. Di gunung ini tumbuh 1700 spesies flora yang berbeda.

2. Gunung Fuji, Jepang

[imagetag]

Gunung dengan puncak yang diselimuti dengan esini sangat disakralkan umat Budha dan Shinto. Selama bulan Juli dan Agustusmerupakan musim pendakian gunung dan terdapat 200.000 orang yang bersemangatuntuk mendaki gunung setinggi 3776 meter ini.

Gunung Fuji merupakan gunung yang masih aktifdan dipercaya menjadi istana dari Dewi Api dalam agama Shinto dan DanichiNyorai, Dewa Matahari dalam agama Budha.

3. Gunung Agung, Bali Indonesia

[imagetag]

Orang Bali percaya bahwa gunung berapi inimerupakan pusat dari jagat raya. Memiliki tinggi 3142 meter dan berdiri kokohdi bagian timur Bali. Pura terbesar, Besakih berada di lereng Gunung Agungdengan ketinggian 915 meter.

4. Gunung Salib Suci, Colorado

[imagetag]

Legenda dari salib besar yang berada di gunungberbatu ini terbukti benar saat seorang fotografer William Henry Jacksonkembali dari ekspedisi di tahun 1873 dengan foto puncak yang mengagumkan.

Gunung yang memiliki tinggi 4267 meter initerletak bagian utara wilayah Sawatch. Nama Salib Suci sendiri berasal daribagian salju yang membentuk salib yang terdapat di timur laut gunung ini danmenjadi sangat populer menjadi tempat peziarahan umat Kristen.

5. Gunung Everest, Nepal / Perbatasan Cina

[imagetag]

Orang Tibet menyebut Gunung Everest sebagaidari jagat raya dan orang Nepal menyebut Dewi langit bagi gunung ini. Gunungyang mencapai tinggi 8848 meter ini merupakan gunung dengan puncak tertinggi diplanet bumi. Everest merupakan salah satu bagian dari pegunungan himalaya yangtertutup salju abadi.

6. Gunung Nebo, Yordania

[imagetag]

Berdasarkan bagian akhir dari bagianDeuteronomy, Gunung Nebo merupakan tempat dimana nabi Musa Ibrani menemukantanah yang dijanjikan Tuhan. Saat sedang hari cerah dari gunung ini dapatterlihat Laut Mati, Bethlehem, Yerusalem, Sungai Yordania, Jericho dan GunungOlive.

7. Gunung Kailash, China / Perbatasan Tibet

[imagetag]

Ribuan penganut Budha, Hindu, Jain dan Bonpomelakukan perjalanan suci ke kota terpencil di kawasan Himalaya, Darchen setiaptahunnya untuk melakukan kora, suatu ritual mengelilingi Gunung Kailash.

Menginjakkan kaki di gunung ini adalahtindakan yang melanggar kesucian, namun dengan melakukan kora dengan panjangperjalanan 51 kilometer ini dipercaya dapat menghapus dosa selama hidup didunia.

8. Gunung Croagh Patrick, Irlandia

[imagetag]

Sebanyak satu juta peziarah melakukanperjalanan suci setiap tahunnya untuk perdoa di puncak salib, berpartisipasidalam kegiatan Misa, atau hanya bergabung untuk ikut menikmati pemandanganbagian barat laut Irlandia.

Bangsa Celtic pra-Kristen menganggap Dewa CromDubh tinggal di gunung ini dan kemudian Santa Patrick yang membawa agamaKristen ke Irlandia melakukan perjalanan selama 40 hari berpuasa dan berdoa dipuncak gunung ini, memberikan pengaruh terhadap peziarahan yang dilakukan bagipenganut Kristen di Irlandia.

9. Puncak San Fransisco, Arizona

[imagetag]

Lebih dari puluhan suku asli Amerikamempercayai rangkaian gunung berapi di Hutan Nasional Coconino adalah tempatyang sakral termasuk Hopi, yang dipercayai sebagai puncak yang ditinggaliorang-orang Kachina.

Untuk melindungi wilayah tersebut sebaikmungkin, tidak ada jalan langsung yang mencapai puncaknya. Walaupun demikianada alternatif lain yang dapat ditempuh yakni jalan puncak Humprey dengantinggi 3851 meter yang berjarak 14,4 kilometer dan tidak mudah untuk dilalui.

10. Puncak Popocatepel, Meksiko

[imagetag]

Puncak gunung berapi ini terdapat dari 72kilometer tenggara Meksiko City dan memiliki pengaruh besar di legenda sukuAztec dan suku lokal Nahua. Gunung ini biasa disebut El Popo, ini berartisesuatu yang hidup dan bernapas.

<

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar