Selasa, 25 Desember 2012

10 Tips Memberikan Asi Ekslusif

Yaiyalah.com -Hai ma, senang ya…. Jika si kecil yang dinanti telah lahir dengan sehat, lucu, dan menggemaskan. Sebagai  orang tua wajar jika mama dan papa selalu ingin memberikan yang terbaik terutama mama. Nah, yang dapat mama lakukan adalah memberikan  asi ekslusif (asi saja dan dilanjutkan dengan makan pendamping asi ketika bayi berusia 6 bulan). Umumnya,  asi ekslusif diberikan  sampai usianya 2 tahun. Berikut ini adalah tips yang dapat digunakan mama agar sukses memberikan asi ekslusif:

#bcfda5


[imagetag]


1. Libatkan papa dalam menyukseskan pemberian asi.Persiapan harus  dimulai sejak masa kehamilan .Papa dapat melindungi mama dan si kecil ketika ada pihak yang tidak mendukung pemberian asi.

2. Hindari rasa tidak percaya diri,khawatir,dan perasaan tidak nyaman lainnya karena akan mengakibatkan  turunnya produksi hormon oksitosin yang penting untuk produksi asi.  Dalam hal ini keterlibatan papa akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri mama dan lingkungan.

3. Jaga keseimbangan kedua payudara anda susui dengan kedua payudara anda secara bergantian. Setiap kali memulai menyusui gunakan payudara yang terakhir digunakan.

4. Belajarlah memerah asi dengan tangan atau mulailah mencari pompa asi (breast pump) yang sesuai kebutuhan.

5. Mantapkan  tekhnik memerah asi dengan tangan, atau menggunakan pompa asi

6. Produksi asi ditentukan oleh kelenjar hormon prolaktin di kelenjar otak, sehingga yang penting adalah makan bervariasi untuk memastikan kebutuhan zat –zat gizi khususnya zat gizi mikro perbanyakan sayuran yang mengandung galactogue(laktagogum) zat yang dapat meningkatkan produksi asi –seperti daun katuk.

7. Istirahat yang cukup usahakan untuk rileks dan fokuskan diri mama untuk memantapkan kegiatan menyusui.

8. Seringlah melakukan kontak kulit dengan si kecil

9. Perah asi di sela-sela kegiatan menyusui

10. Begabunglah dengan dengan kelompok /organisasi pendukung ibu –ibu menyusui .



1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus