Minggu, 23 Desember 2012

10 Kota Untuk Wisata Kuliner Ternikmat Di Asia

Kuliner adalah salah satu incaran traveler di Asia. Mereka menyerbu warung pinggir jalan untuk mencicipi makanan khas setempat. Untuk wisata kuliner ternikmat di Asia, ini dia 10 kota terbaiknya.

Ada 10 kota di Asia yang jadi favorit wisatawan untuk berwisata kuliner. Bersiaplah untuk menjelajah kekayaan kuliner khas Asia. Siapkan juga ruang besar di lambung Anda!

1. Taipei, Taiwan

Saat malam tiba, Kota Taipei seperti tak pernah padam. Pasar malam buka di sana-sini, menjajakan aneka kuliner khas Taiwan. Shilin Night Market misalnya, menjadi favorit turis untuk berwisata kuliner. Cobalah Stinky Tofu yang baunya menyengat tapi rasanya enak, Oa Misua berupa sup mie, dan Gua Bao alias Taiwanese Burger berbahan daging babi.

[imagetag]

Selain di Shilin Night Market, Rahoe Night Market juga jadi tempat berburu makanan. Jangan lupa mencoba Douhua, minuman segar dengan butiran bubble dari tepung tapioka.

2. Penang, Malaysia

Penang adalah kota yang identik dengan wisata kuliner di Malaysia. Kota ini dipenuhi kuliner perpaduan China, Malaysia dan India. Favorit wisatawan adalah masakan Nyonya, yang merupakan akulturasi kuliner China dan Malaysia.

Datanglah ke Cecil Market Food Court, Beach Street, Line Clear, Jalan Johor, Lebuh Cintra, atau Pulau Tikus Night Market. Cicipi Penang Assam Laksa, Hokkien Mee, Wonton Mee yang mirip mie goreng tek-tek, juga Nasi Kandar yang jadi favorit para Muslim India.

3. Bangkok, Thailand

Tak perlu duduk manis di restoran untuk mencicipi kuliner khas Thailand. Di Bangkok, jajanan pinggir jalan sudah seperti budaya. Warga lokal juga tahu, makanan gerobak adalah yang paling enak! Mereka juga terbiasa "ngemil" sepanjang hari, sehingga tak sulit menemukan jajanan pinggir jalan di kota ini.

Beberapa tempat yang jadi tujuan wisatawan adalah bantaran Sungai Chao Phraya, Sukhumvit, Boat Noodle Alley di dekat Victory Monument, dan Thonglor Night Market. Cicipilah Som Tam, salad dari pepaya muda yang disiram saus asam pedas. Cicipi Guay Teow Rhua, mie khas Thailand, yang dijual di atas perahu. Kalau sudah puas berkeliling kota, paling segar menenggak Cha Yen atau Thai Ice Tea. Wisatawan tak pernah bosan dengan minuman yang satu ini.

4. Fukuoka, Jepang

Di Fukuoka, gerobak makanan pinggir jalan disebut Yatai. Yatai seperti restoran versi mini, seringkali bisa berpindah tempat. Makanannya enak dan murah.

[imagetag]

Wisatawan biasa mendatangi sebelah selatan Nakasu Island, atau daerah di dekat Tenjin Station. Ada Tonkotsu Ramen yang berbahan daging dan minyak babi, namun tentu tidak cocok untuk penikmat makanan halal. Traveler yang doyan daging ayam bisa mencicipi Yakitori, sangat mirip dengan sate, disajikan dengan kecap manis.

5. Hanoi, Vietnam

Inilah kota kelahiran kuliner paling khas di Vietnam: Pho dan Bun Cha. Untuk wisata kuliner paling nikmat, para traveler biasa mengunjungi Jalan Hang Than dan Old Quarter. Mereka mencicipi Bun Cha, daging babi yang dipanggang lalu dimakan dengan saus gurih asam. Spring roll, alias lumpia sayuran, menjadi teman yang pas saat makan Bun Cha.

Bagi Anda yang muslim, cicipilah Pho, mie khas Vietnam dengan tauge dan kuah bening. Ada Pho Ga (isi daging ayam) dan Pho Bo (isi daging sapi). Pho biasa dimakan sebagai sarapan atau makan malam. Oh ya, jangan lupa cicipi kopi Vietnam yang terkenal kenikmatannya!

6. Singapura

Memang, makanan pinggir jalan sudah tak banyak ditemukan di Singapura. Tapi, para penjual makanan murah ini berkumpul di Hawker Center yang berlokasi di banyak tempat. Inilah tempat wisatawan berwisata kuliner gabungan Melayu, China, dan India.

[imagetag]

Datanglah ke Old Airport Road Food Center untuk makan Chili Crab. Untuk sarapan, cicipilah Kaya Toast yang dijual hampir di tiap kedai kopi di Singapura. Bertolaklah ke Tiong Bahru Market & Food Center dan East Coast Parkway untuk mencicipi Hainan Chicken Rice, Katong Laksa, dan Roti Prata.

7. Seoul, Korea Selatan

Penjual makanan pinggir jalan di Kota Seoul disebut Pojangmacha. Ini seperti restoran mungil yang portabel, biasanya dijual di mobil-mobil. Menu yang disuguhkan di Pojangmacha pun beragam. Wisatawan bisa mencicipi Tteokbokki, Haemul Pajeon, juga Gimbap yang sangat mirip sushi.

[imagetag]

Pasar tradisional juga menjadi destinasi wisata kuliner top di Seoul. Datanglah ke Tongin Market, Gongdeok Market, Geangjang Market, dan Namdaemun Market untuk mencicipi Hotteok (pancake panggang isi gula dan kayu manis), dan beragam kuliner khas Korea lainnya.

Sumber

#bcfda5

1 komentar: