Minggu, 23 Desember 2012

Tips Menciptakan Rasa Nyaman Di Tempat Kerja



[imagetag]

Bekerja selama delapan jam di tempat kerja setiap harinya kadangkala membuat perasaan bosan menyerang siapa saja. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya dengan membuat suasana dan atmosfer kerja yang bersahabat dengan kolega Anda.

Meskipun Anda mencintai pekerjaan yang dimiliki, berada selama delapan jam sehari di kantor juga akan terasa membosankan. Namun, menciptakan rasa bahagia dan nyaman pada tempat kerja tidaklah sesulit yang Anda bayangkan.

Ada beberapa cara yang efektif untuk membuat suasana nyaman di tempat kerja agar Anda bisa merasa senang dan bahagia di kantor dan dapat meningkatkan tingkat produktivitas dalam bekerja. Apa sajakah itu?

1. Merasa Seperti di Rumah

Memang Anda sedang berada pada ruangan kantor tempat di mana Anda bekerja. Namun, buatlah suasana tempat kerja senyaman berada di rumah sendiri. Buatlah juga atmosfer yang nyaman dan familiar sehingga mempermudah Anda dalam bekerja serta meningkatkan produktivitas. Kebahagiaan dalam bekerja dapat ditingkatkan dengan membawa beberapa benda kesayangan dari rumah.

Misalnya, mengisi vas bunga dengan bunga favorit Anda atau taruh tanaman kecil yang memberikan kesan homey touch untuk suasana yang berbeda. Pajanglah foto teman, hewan kesayangan, anak ataupun keluarga di meja kerja Anda. Letakkan pula beberapa souvenir perjalanan rekreasi yang dapat membuat Anda kembali bernostalgia dan aksesori dengan palet cerah di meja Anda. Yang terakhir, bawalah cardigan atau sweater kesayangan untuk digunakan pada saat ruangan kantor terasa dingin.

2. Beristrahat Di Luar Kantor Sejenak

Simpel namun penting untuk dilakukan, beristirahat sejenak akan membuat perasaan Anda lebih rileks terutama jika dilakukan di luar kantor. Meskipun masih banyak kerjaan yang perlu untuk diselesaikan dan juga tidak mungkin bagi Anda untuk selalu melangkah keluar dari kantor kapanpun Anda merasa bosan, namun udara segar dan sedikit olahraga dapat membantu meningkatkan kepuasan dalam bekerja.

Bahkan jika hanya berjalan mengitari ruangan kantor dan kembali duduk di meja Anda, dapat membuat energi kembali prima, ide kembali berjalan dan darah mengalir lebih lancar sehingga membuat produktivitas dan mood kembali lebih baik dibandingkan sebelumnya. Jika tidak bisa pergi keluar, berjalanlah menuruni tangga, atau mengelilingi ruangan ataupun lakukan strecthing di meja untuk mengembalikan mood seperti semula.

3. Membawa Camilan

Meskipun kantor Anda memiliki cafetaria untuk sekadar tea break ataupun makan siang, membawa camilan sehat dari rumah menghemat uang dan juga dapat meningkatkan mood sehingga lebih baik. Rasa lapar dapat membuat perasaan menjadi buruk. Bagi sebagian orang, rasa lapar dapat membuat mereka menjadi lebih rewel. Jadi pergilah bersama teman kantor Anda untuk melakukan coffee break untuk membuat mood lebih baik.

Atau dapat pula dengan membawa simpel snack yang terdiri dari kacang-kacangan dan biji-bijian seperti campuran dark chocolate chip, cranbeerri kering, dan kismis, lalu buah apel dan juga granola bars. Jika kantor Anda memiliki kulkas, coba bawa low-fat yoghurt dengan topping buah-buahan favorit.

4. Jaga Kerapihan Meja Kerja

Meja kerja yang rapi dapat meningkatkan mood ataupun perasaan senang. Oleh karena itu, rapikan kertas-kertas yang memenuhi meja Anda. Karena jika ruangan ataupun meja kerja berantakan, akan mempengaruhi perasaan orang yang ada pada area tersebut. Rapikan barang-barang yang sudah tidak terpakai semisal memo bulan lalu, pen yang sudah tidak dapat digunakan, buku-buku yang tidak terbaca.

Taruhlah tempat penyimpanan dengan warna yang menarik untuk menyimpan barang-barang yang dibutuhkan. Sediakan juga tempat tissue, screen cleaner untuk komputer, serta hand sanitizer untuk membersihkan tangan sewaktu Anda membutuhkannya. Jika memiliki cukup ruangan, papan tulis kecil juga dapat membantu untuk mencatat pekerjaan yang harus dilakukan agar tidak lupa untuk dikerjakan, dibandingkan jika dicatat pada handphone ataupun gadget kesayangan Anda

5. Berinteraksi Tatap Muka

Meskipun banyak solusi berinteraksi secara elektronik, namun berinteraksi secara tatap muka tetap saja terasa lebih sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seberapa nyamanpun email, sms ataupun bbm tetap akan meninggalkan perasaan yang hampa karena tidak dapat sebanding dengan berinteraksi secara langsung. Dibandingkan hanya mengirim email pada rekan kerja, lebih baik jika langsung berbicara dan mengobrol dengan mereka.

Menghabiskan waktu dengan rekan kerja akan mempererat ikatan antar sesama pekerja dan meningkatkan mood Anda. Emoticon dan lelucon yang disampaikan pada pesan teks yang Anda kirim, tidak akan sebanding dengan canda tawa yang dilakukan secara langsung. Tentu saja ini juga dapat membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar