Selasa, 25 Desember 2012

Jenis-jenis Olahraga Yang Membuat Tidur Lebih Nyenyak



[imagetag]

Olahraga tidak hanya bermanfaat menyehatkantubuh dan pikiran, tapi juga mendorong kita menjalani pola hidup yang lebihsehat. Salah satunya membantu tidur lebih nyenyak dan tubuh terasa lebih segarsaat bangun di keesokan paginya.

Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana agarmendapatkan waktu tidur yang berkualitas dengan olahraga? Dikutip dari Boldsky,ini beberapa cara dan jenis olahraga yang bisa membantu Anda tidur nyenyak.

Waktu yang Tepatuntuk Berolahraga

Untuk bisa tidur nyenyak, Anda sebaiknyaolahraga dengan intensitas tinggi tiga jam sebelum tidur. Biasanya orang akanberpikir kalau olahraga keras sebelum tidur, bisa membuat mereka merasa sangatlelah di malam hari. Namun nyatanya, olahraga sebelum tidur akan menstimulasidetak jantung, otak dan otot. Sehingga saat tiba waktunya tidur, tubuh akanmelalui proses recovery dan Anda pun bisa tidur lebih nyenyak.

Olahraga juga bisa meredakan stres danmembangkitkan mood positif Anda, dan menghasilkan tidur yang lelap dan tenang.Selain itu bila Anda berolahraga di sore menjelang malam, akan menaikkantemperatur tubuh beberapa jam sebelum tidur. Saat Anda bersiap-siap tidur,temperatur tubuh pun menurun. Proses penurunan temperatur tubuh inilah yangmembuat Anda menjadi ngantuk dan membantu tidur lebih nyenyak.

Jenis-jenisOlahraga untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

Semua bentuk olahraga bermanfaat untukmemaksimalkan waktu tidur, tapi ada beberapa yang memberi dampak lebih efektifpada kualitas tidur, di antaranya:

Latihan Kardiovaskular; meningkatkan detakjantung dan jika dilakukan sekitar 20 menit akan bantu meregangkan otot.Melompat, berjalan, menari, lompat tali dan berenang merupakan aktivitas yangpaling efektif untuk mendapatkan tidur berkualitas. Latihan yang memacu detakjantung meningkatkan suplai oksigen ke otak yang membuat tubuh dan pikiranlebih rileks. Lakukan latihan ini selama 20 menit per sesi, tiga sampai empatkali seminggu.

Selain kardiovaskular, latihan kekuatan,yoga dan peregangan juga bermanfaat menjadikan tidur lebih nyenyak, terutamayoga. Postur dan teknik pernapasan dalam latihan yoga meningkatkan sirkulasidarah pada otak serta melepaskan stres.

Sumber

#bcfda5

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus