Jumat, 14 Desember 2012

14 Data Menarik Tentang Otak Manusia



[imagetag]

Berikut hal-hal yang belum diketahui tentang otak manusia yang belum banyak diketahui oleh semua orang. Otak manusia berperan sangat penting untuk mengendalikan seluruh fungsi yang ada pada manusia. Mulai dari pengaturan di dalam internal tubuh hingga berada diluar tubuh.

1. Otak manusia memiliki 3 bagian :

Otak bagian depan(Forebrain), mengendalikan semua pikiran, indera, fungsi motorik, emosi dan rasa lapar.

Otak bagian tengah(Midbrain), mengendalikan indera pendengaran, penglihatan, refleks serta kesadaran.

Otak bagian belakang(Hindbrain), mengendalikan fungsi koordinasi dan analisa seluruh indra

2. Otak memiliki dua sisi, otak kiri berfungsi sebagai analisa logika, sedangkan otak kanan berfungsi sebagai kreativitas.

3. Sebelumnya kita meyakini bahwa kita hanya menggunakan 10% otak kita, tapi itu adalah mitos. Setiap porsi otak menjalankan fungsinya dan bekerja keras.

4. Otak manusia memiliki pembuluh darah yang panjangnya setara 100.000 mil, yang artinya cukup mengelilingi bumi sebanyak empat kali.

5. Otak manusia juga memiliki 100 miliar sel neurons, sel tersebut diketahui berupa gray matter yang berfungsi memproses informasi.

6. Mempelajari bahasa kedua sebelum umur 5 tahun dapat merubah perkembangan otak dikemudian hari.

7. Jika otak diibaratkan sebagai hard drive, maka mampu menampung data sebanyak 4 Terrabyte. Itu setara dengan 850 keping DVD-R atau 80 keping Blu-Ray.

8. Juara dunia dalam menghafal adalah Ben Pridmore. Ia mampu menghafal urutan setumpuk kartu dala waktu 26,38 detik.

9. Salah satu penelitian di New York menunjukkan bahwa orang yang makan siang tanpa bahan pengawet mencetak skor 14% lebih tinggi pada test IQ.

10. Sekitar 20 % oksigen dari udara yang kita hirup digunakan untuk otak.

11 Ukuran otak tidak berpengaruh pintar atau tidaknya suatu manusia. Einstein memiliki berat otak sekitar 1.230 gram. Sedangkan rata-rata berat otak laki-laki sekitar 1.360 gram.

12. Para ilmuwan mengawetkan otak einstein untuk penelitian dan dibagi menjadi 240 bagian yang terpisah untuk dilihat.

13. Pria cenderung memproses informasi dari otak kiri. Sedangkan wanita cenderung menggunakan kedua otaknya untuk memproses informasi yang diterimanya.

14. Memang benar bahwa pria cenderung lebih rasional dan wanita cenderung lebih emosional. Wanita lebih ke sikap emosional karena memiliki sistem yang mengatur emosi. Sedangkan pria lebih cenderung memiliki sistem yang mengontrol kemampuan matematis.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar