Selasa, 18 Desember 2012

5 Cara Mengobati Kerontokan Rambut



[imagetag]

Kerontokan rambut pada wanita umumnyadisebabkan karena perubahan hormon, kelebihan thyroid, gangguan pada pencernaandan kurang darah. Namun bisa juga sebagai akibat dari gaya hidup tak sehatserta penataan rambut yang berlebihan.

Anda bisa dikatakan mengalami kerontokanrambut jika helaian yang jatuh lebih dari 50-100 setiap harinya. Rambut rontoksulit dicegah, tapi bisa diminimalisir dengan perawatan yang tepat. Berikut inibeberapa cara yang bisa diatasi untuk mengatasi rambut rontok, sepertidirangkum dari MayoClinic dan eHow.

1. Temui Dokter Spesialis

Anda disarankan untuk menemui dokter spesialiskulit jika mengalami kerontokan rambut parah pasca kelahiran, menopause,penurunan berat badan drastis, sakit parah atau operasi. Kerontokan rambut yangbersifat sementara ini bisa dikontrol dengan shampo dan suplemen yang telahdiresepkan dokter.

2. Gunakan Minoxidil

Anda bisa menggunakan hair tonic atau cairanyang mengandung Minoxidil. Caranya dengan mengusapkan cairan minoxidil ke kulitkepala, dua kali sehari. Minoxidil merupakan zat aktif yang membantumenumbuhkan dan mencegah rambut lebih banyak rontok. Tapi formulanya cukupkeras dan bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit kepala ataurambut tumbuh di tempat-tempat yang tidak diinginkan seperti dahi atau wajah.Maka dari itu, penggunaan obat ini sebaiknya di bawah pengawasan dokter.

3. Transplantasi Rambut

Pada kasus kerontokan yang berakibat kebotakanpermanen, transplantasi rambut bisa menjadi solusinya. Prosedur ini dilakukandengan cara mengangkat sebagian kecil kulit yang di setiap pori-porinyaterdapat beberapa helai rambut. Biasanya diambil dari bagian belakang atausamping kulit kepala. Kulit tersebut kemudian ditanamkan ke area kulit kepalayang botak. Transplantasi biasanya dilakukan beberapa kali untuk hasil yangmaksimal.

4. Ahli Pengobatan Herbal

Jika memilih pengobatan alami, Anda tetapharus berkonsultasi dengan ahlinya. Konsultasikan keluhan tentang rambut rontokAnda kepada ahli pengobatan herbal, atau herbologist. Mereka tahu bahan-bahanalami apa yang aman untuk mengatasi kerontokan rambut. Mulai dari penggunaangreen tea, tea tree oil, atau bahan-bahan alami lainnya. Ikuti dosis dan carapemakaiannya dengan hati-hati.

5. Makan dengan Benar

Dr Ritu Mathur, spesialis rambut sepertidikutip dari Times of India mengatakan, Anda harus menjalani pola makan yangsehat dan kaya nutrisi untuk mencegah kerontokan semakin parah. Rekomendasipertamanya adalah konsumsi makanan yang kaya zinc dan vitamin E.

"Zinc sangat penting untuk hemoglobinmembawa oksigen ke kulit kepala. Rambut tidak dapat tumbuh tanpa sirkulasiini," ujar Dr Ritu.

Zinc banyak terdapat pada kedelai dan buncis.Sementara vitamin E, terkandung dalam asam lemak omega 3. "Zinc yangdidapat dari buncis berguna untuk penyerapan banyak vitamin. Kekurangan Zincdapat menyebabkan ketombe dan menyebabkan rambut rontok. Sedangkan Vitamin Emembantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala," ujarnya.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar