Selasa, 11 Desember 2012

Cara Mudah Merangsang Kantuk



[imagetag]

Waktu tidur yang cukup, selama 7-8 jam setiap malam akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Tak hanya penting untuk kesehatan, tidur dengan porsi cukup juga dapat menunjang penampilan.

Namun, saat ini banyak orang yang punya masalah dengan tidur. Mereka sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup. Bahkan seringkali, meski tubuh merasa sangat lelah, mata tidak juga terpejam. Kondisi seperti ini biasanya akan menjadi masalah yang sangat menjengkelkan.

Anda termasuk orang yang kesulitan mendapatkan waktu tidur cukup? Berikut ini ada beberapa cara agar Anda mudah terlelap di malam hari, dikutip dari Glamour:

Rapikan tempat tidur

Cara ini menjadi salah satu trik agar membuat Anda merasa nyaman saat tidur. Sebuah penelitian baru juga menemukan bahwa orang yang merapikan tempat tidurnya setiap hari, 19% lebih mungkin untuk tidur nyenyak. Mengganti seprei, sarung bantal dan guling serta membersihkan kasur akan membuat Anda merasa nyaman.

Atur suhu ruangan

Seorang ilmuwan dan pakar tidur mengatakan, suhu ruangan yang ideal agar bisa mendatangkan rasa kantuk sekitar 65 derajat. Tubuh Anda membutuhkan suhu agak dingin untuk merangsang rasa kantuk. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin justru akan membangunkan Anda. Agar menemukan suhu ruangan yang pas sesuai dengan kondisi tubuh, lakukan percobaan dengan thermostat untuk menemukan temperatur yang tepat untuk Anda.

Gerakkan jari-jari kaki

Menggerakkan jari-jari kaki ternyata bisa merangsang rasa kantuk. Cobalah lakukan secara berulang sesaat sebelum tidur. Cara sederhana ini selain membantu merelaksasikan otot-otot kaki juga membantu memberikan rasa relaks pada tubuh sehingga merangsang rasa kantuk.

Matikan ponsel

Mungkin hal ini bukanlah hal yang aneh, namun cara sederhana ini bisa membantu Anda terlelap lebih cepat. Satu jam sebelum tidur Anda wajib mematikan perangkat elektronik yang ada di kamar. Mulai dari televisi, laptop hingga ponsel. Dan satu cara sederhana lagi, termasuk mematikan lampu akan membuat Anda merasakan kantuk.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar