Sabtu, 01 Desember 2012

Inilah Pohon Terbesar Di Dunia



[imagetag]

[imagetag]

Salah satu dari pohon-pohon paling tinggi didunia dari jenis Giant Sequoia ini memiliki ketinggian mencapai 85 meter.Umurnya diperkirakan antara 2200 hingga 2700 tahun. Pohon ini diberi nama"Jenderal Sherman", diperkirakan bukan hanya merupakan salah satuyang tertinggi , tapi juga merupakan jenis Sequoia yang terbesar dalam halvolume-nya. Di tahun 2002 pohon ini pernah terukur volumenya yang sebesar 1487meter kubik.

Pohon Sherman ini berlokasi di Taman NasionalSequoia di Visalia, California, dinamakan demikian diambil dari nama seorangveteran perang sipil Amerika Jendral William Tecumseh Sherman. James Wolvertonseorang Letnan pada kavaleri Indiana ke-9 di bawah pimpinan Sherman menamakanpohon ini dengan nama bos-nya pada tahun 1879. Pohon ini sebenarnya sudahdianugerahi gelar sebagai yang terbesar sejak tahun 1931 dilihat dari faktorvolume-nya.

[imagetag]

Diukur dari dimensinya, pohon Sherman inimengindikasikan menjadi semakin besar tiap tahunnya. Diameternya 1,4 meter diatas tanah adalah 7,7 meter, diameter 18 meter di atas tanah adalah 5,3 meter,diameter 55 meter di atas tanah adalah 4,3 meter, dan ketinggian dahan pertamadari atas tanah adalah sekitar 40 meter.

[imagetag]

Yang menarik, dahan terbesarnya patah padatahun 2006. Bentuknya seperti huruf "L" menghunjam dari kira-kiraseperempat ketinggian pohon. Dahan ini mempunyai diameter 2 meter denganpanjang 30 meter dan menghancurkan pagar yang dibuat di sekelilingnya. Meskidemikian tetap saja pohon ini masih menjadi makhluk hidup terbesar di muka bumiyang masih hidup.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar