Kamis, 13 Desember 2012

Pengertian Super Moon Atau Bulan Super

Apa itu Super Moon atau Bulan Super ?



[imagetag]

Supermoon adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi. Istilah ini tidak diterima secara luas, terutama di kalangan ilmuwan. Secara spesifik, Supermoon bisa merupakan bulan purnama atau bulan baru, yang jaraknya dengan Bumi sekitar 10% atau kurang dari jarak lintasannya dengan Bumi.

Dalam dunia astronomi, Bulan bisa berada di titik terjauh dan terdekat dengan Bumi. Titik terjauh dikenal dengan apogee, sedangkan titik terdekat dikenal dengan perigee. Saat Bulan mencapai titik terdekat atau perigee inilah, fenomena yang dikenal dengan supermoon terjadi.

Ketikafenomenaini terjadi, bulan nampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

[imagetag]

Supermoon biasanya dihubungkan dengangempa bumi,gunung meletusdan lainnya. Karena waktu terjadinya bulan super hampir selalu berdekatan dengan terjadinya suatu bencana alam tertentu. Namun, bulan super tidak cukup kuat untuk memengaruhi permukaan tanah ataupun gunung berapi di Bumi. Pengaruh dari fenomena Super Moon ini di Bumi hanyalah naiknya permukaan laut sekitar beberapa inci di beberapa daerah.

Pengaruh terhadap pasang surut air laut



[imagetag]

Akibat kedekatannya dengan bumi, maka Bulan akan sedikit memengaruhi kondisi di Bumi. Misalnya meningkatnya gelombang pasang yang terjadi akibat gaya tarik Bulan yang sedikit lebih besar. Fenomena

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar