Minggu, 23 Desember 2012

Tips Bertahan Hidup Jika Tersesat Di Hutan



[imagetag]

Bagi Anda yang menyukai petualangan di alamdan penjelajahan hutan, maka resiko tersesat tentu selalu ada. Bertahan hidupdi sebuah lingkungan hutan yang asing serta liar sudah pasti butuh keahliantersendiri yang tidak bisa dibilang mudah.

Berikut tips bertahan hidup jika Anda tersesatdi hutan atau gunung.

Tetap tenang.

Tetap tenang dan sebisa mungkin menjauhkanpemikiran yang akan menimbulkan kepanikan adalah hal yang penting. Mental yangkuat adalah kunci bagi seorang yang sedang tersesat, untuk dapat fokus danberfikir jernih.

Amati Lingkungan sekitar

Usahakan untuk mencari daerah yang lebihterbuka, atau tinggi. Ini memudahkan Anda melihat arah matahari dan bintang,juga memudahkan pencarian jika di daerah terbuka. Mencari aliran sungai punbisa membantu Anda menemukan jalan keluar, selain untuk keperluan bertahanhidup dengan airnya.

Untuk tidur, usahakan mencari pohon yangtinggi sebagai pencegahan bertemu binatang buas.

Perbekalan

Jika perbekalan yang Anda bawa terbatas, makasebaiknya hemat-hematlah dalam mengkonsumsinya, sebab Anda tidak akan tahusampai berapa lama akan tersesat. Jika membawa barang yang terbuat dari kaleng,maka gunakan untuk membuat bunyi-bunyian atau pemantulan cahaya.

Tinggalkan jejak

Saat Anda tersesat, maka mudahkan tim pencariuntuk menemukan Anda dengan meninggalkan jejak. Bisa berupa ranting-rantingyang Anda patahkan, atau batang pohon yang digores, atau gunakan apapunsekreatif Anda.

Berdoa dan Jangan Menyerah

Ini adalah hal yang harus selalu dilakukan.Sebab semangat yang kuat akan membuat tubuh menjadi kuat pula untuk menemukanjalan keluar. Banyak keajaiban yang bisa terjadi berkat doa dan semangat yangkuat.

: sidomi

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar