Kamis, 13 Desember 2012

Tips Mengatasi Rasa Sakit & Pegal Setelah Berolahraga



[imagetag]

Setelah berolahraga, seringkali Anda merasakan nyeri dan pegal-pegalpada beberapa otot tubuh. Hal ini normal terjadi, terutama bagi Anda yang sudahlama tak olahraga atau baru pertama kali.

Ketika Anda melakukan latihan yang cukup berat, jaringan otot pun meregang.Inilah yang membuat beberapa area tubuh menjadi sakit. Ketimbang mengabaikanrasa sakitnya, sebaiknya cobalah untuk mengobati oto-otot tersebut denganhari-hati. Seperti yang dikutip dari Live Strong, berikut beberapa caramengurangi rasa nyeri setelah berolahraga.

Langkah 1

Makanlah camilan yang mengandung protein sekitar 15 menit setelahlatihan. Mengonsumsi protein akan bantu membangun kembali sel-sel dalam otot,yang akhirnya bisa bentu tubuh memperbaiki otot yang sakit lebih cepat. Makanroti dengan selai kacang atau segenggam kacang almond, bisa menjadi pilihantepat.

Langkah 2

Istirahatkan otot Anda. Jika nyeri otot terasa ketika Anda baru sajamemulai olahraga, sebaiknya segera berhenti. Bisa jadi hal itu disebabkan olehotot yang tegang dan keseleo. Jika rasa nyeri datang setelah latihan, hindarikegiatan fisik yang berat sampai rasa sakit mereda.

Langkah 3

Kompres area tubuh yang nyeri dengan menggunakan es selama 15 menit,tiga kali dalam sehari. Kompres es ini akan membantu mengurangi pembekakan danrasa nyeri. Jika Anda tidak memiliki kompres es, bisa menggunakan handuk berisies batu atau kantung kacang polong yang beku.

Langkah 4

Lakukan peregangan otot dengan hati-hati. Walau peregangan diketahuibisa mengurangi rasa sakit, namun peregangan yang terlalu agresif biasanyajustru memperburuk keadaan otot. Latihan perenggangan bantu menggerakkanbagian-bagian tubuh dan melawan rasa sakit dalam tubuh. Anda dapat menyembuhkansakit otot dengan latihan peregangan sederhana selama 15 menit.

Langkah 5

Tempatkan bagian tubuh yang sakit lebih tinggi dari jantung Anda.Misalnya menaruh kaki atau lengan di atas bantal ketika Anda duduk atauberbaring. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit dan mencegah pembekakan.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar