Kamis, 13 Desember 2012

Wow, Gajah Ini Pintar Berbahasa Korea!



[imagetag]

Seekor Gajah di Kebun Binatang Everland diKorea Selatan (Korsel) dapat menirukan beberapa kata dalam Bahasa Korea denganbelalainya. Kemampuan unik yang dimilikinya itu membuat banyak penelititertarik untuk meneliti gajah bernama Koshik tersebut.

Dalam laporan yang dikeluarkan oleh satu timahli biologi, Koshik dapat setidaknya mengucapkan 5 kata dalam bahasa Korea.Kata-kata yang bisa diucapkannya antara lain "annyeong" yang berarti halo,"anja" yang berarti duduk) "aniya" yang artinya tidak, "nuwo" atau berbaring,dan "joa" berarti bagus.

Petugas di kebun binatang menyebutkan bahwakoshk dapat menirukan kata "ajik" (belum). Namun tim peneliti belum bisamemastikannya. Demikian diberitakan Telegraph.

Salah satu ahli yang ikut meneliti menyebuttidak ada bukti yang sahih bahwa Koshik mengerti arti dari kata-kata yang bisaditirukannya, walaupun gajah tersebut bisa memberikan respon ketika mendengarkata "anja".

Peniruan suara menjadi hal lazim bagi beberapabinatang, khususnya pada kelompok unggas seperti burung kakak tua, dan burungmyna. Namun apa yang dilakukan Koshik berbeda dengan burung-burung tersebutkarena ia menirukan suara bukan dengan pita suaranya namun dengan belalainya.

Dipercaya bahwa Koshik berusaha untukmenirukan suara manusia agar ia dapat memiliki ikatan dengan pelatihnya. Koshikyang saat ini berusia 22 tahun telah berpisah dengan gajah-gajah lainnya sejakumur 5 tahun.

Koshik menjadi bintang dari kebun binatangEverland sejak tahun 2006 setelah pihak kebun binatang menyebutkan kepadapublik bahwa ia bisa menirukan Bahasa Korea. Nama Koshik pun sampai ke telingaahli biologi Austria Angela Stoeger-Howarth, dan ahli biologi Jerman Daniel Mietchen,yang kemudian meneliti Koshik pada tahun 2010.

Kepala pelatih yang menangani Koshikmenyebutkan bahwa ingin mengajari satu kata lagi kepada Koshik, kata tersebutyakni "saranghae" yang berarti aku cintakamu.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar