Kamis, 13 Desember 2012

Wow, Rahasia Kenikmatan Coca Cola Terbongkar!



[imagetag]

Bertahun-tahun, banyak yang berusaha membukarahasia di balik nikmat dan segarnya minuman ringan buatan Amerika Serikat(AS), Coca-Cola. Benarkah rahasianya terbongkar?

Hal ini disampaikan oleh Ira Glass, presenterradio This American Life. Glass menelusuri resep rahasia minuman itu hinggamenemukan buku catatan berusia 130 tahun yang dimiliki oleh sahabatpenciptanya.

Selama 125 tahun, resep rahasia Coca-Cola inimenjadi trik pemasaran yang sukses. Minuman yang tadinya dinamai "Merchandise7X" ini rasanya tak pernah berubah sejak diciptakan pada 1886 lalu.

Resepnya pun hanya dipegang oleh dua eksekutifyang amat dipercaya. Begitu berharganya rahasia itu, keduanya dilarangbepergian dalam pesawat yang sama. Khawatir rahasianya akan jatuh bersamamereka.

Kini, Glass yang presenter radio ternamamengaku menemukan kopian resep yang aslinya masih tersimpan di lemari besiantimaling di Sun Trust Bank, Atlanta, Georgia, AS. Tujuh bahan rahasia itudiciptakan oleh John Pemberton, ahli kimia dari Atlanta.

Pada 1887, Pemberton yang mantan staf militerKonfederasi dan ahli obat-obatan, menjual resep itu ke Asa Griggs yang langsungmenyimpannya di lemari besi Georgia Trust Bank. Pelacakan Glass bermula darisini.

Resep yang ia yakini formula rahasia itudiletakkan di bagian belakang suratkabar lokal milik Pemberton, AtlantaJournal-Constitution, ketika ia sedang meriset cerita lain. Resep itu diamankandi halaman delapan, edisi 8 Februari 1979.

Kolom itu berdasarkan buku catatan bersampulkulit miliki sahabat Pemberton yang juga ahli kimia dari Atlanta, RR Evans.Glass merasa tergelitik dan setelah meriset lebih dalam, buku ternyatadiwariskan dari generasi ke generasi.

Hingga, buku itu sampai ke tangan jandaseorang ahli kimia yang juga dari Atlanta, Everett Beal. Resep ini termasukdaun koka, banyak gula yang tertulis angka 30 di belakangnya tanpa dijelaskanunitnya (diduga pon), jus limau, vanila dan karamel.

Dalam sirup itu kemudian dimasukkan seluruhperasa penting 7X. Yakni alkohol dan enam jenis minyak (jeruk, limau, pala,ketumbar, daun jeruk dan kayu manis). Formula ini serupa yang dikatakan MarkPendergrast saat menulis sejarah minuman ini dalam sebuah buku.

Faktanya, resep rahasia Coca-Cola sebagianbesar hanya mitos. Meski ada semacam aura mistis di sekelilingnya, soda inifaktanya berubah dari masa ke masa. Kokain yang merupakan stimulan legal dijaman Pemberton, tak lagi digunakan sejak 1904.

Ekstrak daun koka masih digunakan, namunsetelah kokain tak lagi digunakan karena masyarakat resah denganpenyalahgunaannya. Pada 1980, perusahaan menggantikan gula pasir dengan pemanisjagung yang tinggi fruktosa.

Dengan segala kontroversi itu, satu hal yangmasih pasti. Yakni Coca-Cola menolak berbagi resep rahasianya. Spekulasimengenai isi resep pun masih saja menarik dibahas, terbukti merahasiakannyabaik untuk bisnis.

Lalu apa tanggapan Coca-Cola terhadap upayaThis American Life untuk membongkar rahasianya? "Banyak berusaha (membongkarrahasia kami) tapi gagal. Mereka boleh saja mencoba, tapi selama ini gagal,"ujar Direktur Coca-Cola Company, Kerry Tressler.

Bagi anda yang penasaran, berikut isi resepCoca-Cola menurut klaim This American Life, sesuai aslinya.

Fluid extract of coca: 3 drams USP

Citric acid: 3 oz

Caffeine: 1 oz

Sugar: 30

Water: 2.5 gallons

Lime juice: 2 pints, 1 quart

Vanilla: 1 oz

Caramel: 1.5 oz or more to colour

Into every five gallons of syrup, add 2oz ofthe following seven-part flavouring:

Alcohol: 8 oz

Orange oil: 20 drops

Lemon oil: 30 drops

Nutmeg oil: 10 drops

Coriander oil : 5 drops

Neroli oil: 10 drops

Cinnamon oil: 10 drops

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar