Kamis, 09 Agustus 2012

Bagaimana Pola Makan Untuk Membentuk Perut Sixpack?

Pada blog sebelumnya, Anda telah mengetahui bahwa untuk mendapatkan perut sixpack, maka yang harus Anda lakukan adalah memangkas lemak tubuh Anda, dan membentuk otot perut Anda.
Anda bisa saja memiliki satu set otot perut yang kuat dan besar, tetapi jika otot tertutup oleh lapisan lemak, Anda tidak akan bisa melihatnya. Dan dalam hal ini, pola makan merupakan salah satu kunci utama untuk menentukan keberhasilan program  Anda. Lalu bagaimanakah pola makan yang tepat untuk  Anda?
Bagi porsi makan Anda menjadi 5-6 porsi kecil setiap hari untuk mendongkrak metabolisme tubuh. Kurangilah konsumsi makanan berkarbohidrat sederhana seperti nasi putih, pasta, roti putih, permen, es krim, cake dan kue-kue, gula, serta makanan yang berlemak dan berminyak tinggi seperti makanan gorengan, bersantan, dan sebagainya. Pilihlah konsumsi makanan berkarbohidrat baik seperti oatmeal, roti gandum utuh (whole wheat bread), buah-buahan, dan sayur-sayuran. Tambahkan pula makanan tinggi protein seperti dada ayam, ikan, kacang-kacangan, putih telur, selai kacang natural, daging sapi, tempe, tahu, ataupun susu tinggi protein yang rendah gula dan lemak.

Berikut ini adalah contoh pola makan untuk membentuk perut idaman Anda:
Sarapan
1 omelet telur atau telur rebus
2 potong roti gandum utuh / 2 sendok makan oatmeal

Snack Pagi
1 buah apel / jeruk / pir
2 potong roti gandum utuh / 1 cup oatmeal (pilihan)*

Makan Siang
150gram dada ayam / ikan / sapi
50gram nasi merah
100gram sayuran

Snack Siang
2 potong roti gandum / 1 cup oatmeal
1 ons ikan / daging panggang (pilihan)*

Sebelum Latihan
 1 buah pisang

Setelah Latihan
Susu tinggi protein rendah lemak dan gula

Makan Malam
150gram dada ayam / ikan / sapi
100gram sayuran
50gram nasi merah (pilihan)*

Sebelum Tidur
Susu tinggi protein rendah lemak dan gula (pilihan)*

*Catatan: Jika tubuh Anda masih termasuk kurus atau "kerempeng", ini artinya Anda harus menambahkan asupan protein Anda, karena protein merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan untuk membentuk otot. Anda bisa tambahkan beberapa makanan yang masuk di kategori 'pilihan' di atas.
Anda perlu memahami bahwa tidak mungkin Anda memperoleh perut sixpack hanya dalam 1-2 hari. Lakukan pembenahan pola makan secara bertahap dan teratur. Dalam program untuk mendapatkan perut sixpack, yang Anda butuhkan adalah pola makan yang tepat dengan nutrisi seimbang sesuai kebutuhan  Anda.
Semoga panduan ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan perut sixpack yang Anda dambakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar