Jumat, 31 Agustus 2012

Taukah Anda Ternyata Bakteri Ponsel Lebih Banyak Dibanding Toilet



[imagetag]

SEBERAPA sering Anda membersihkan Ponsel? Inilah yang ditanyakan Chales Gerba, Ahli Mikrobiologi dari University of Arizona. Padahal, ponsel ini membawa bakteri 10 kali lipat lebih banyak ketimbang kursi toilet.



Kenapa dibandingkan dengan toilet? Sebab, banyak orang meghubungkan bahwa kamar mandi penuh dengan kuman. Jadi, mereka membersihkan secara berkala. Tapi, bagaimana dengan ponsel atau objek lainnya yang bisa dipegang, remote control, misalnya, kerap banyak orang hanya membiarkan, tanpa dibersihkan.



"Saya perhatikan banyak orang menelepon dengan ponsel di kamar mandi," ujar Gerba seraya mengingatkan bahwa kuman dapat berpindah kapan saja ke ponsel, dilansir dari myhealthnewsdaily, Jumat (31/08).



Lanjutnya, ketika kuman itu menempel pada ponsel dalam jumlah tertentu bukanlah masalah berarti bagi pemiliknya. Namun, begitu ponsel dipinjam oleh orang lain-sedang sakitakan terjadi pertukaran kuman dari beda orang, utamanya seringnya kontak dengan muka dan mulut. Hal inilah yang mungkin menimbulkan risiko terjadinya penyakit, yang kerap tidak disadari pemilik ponsel.



Sebenarnya, kasus ini tidak berlaku pada ponsel saja, namun bisa juga telepon kantor, tombol lift, atau dorongan belanja, yang memang digunakan banyak orang dan memungkinkan pertukaran kuman.



"Cobalah untuk tidak berbagi ponsel atau barang lainnya dengan orang lain, lalu bersihkan peralatan itu dengan antibakteri," saran Gerba.  [ryn]
#bcfda5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar