Selasa, 21 Agustus 2012

Latihan Beban Untuk Membentuk dan Memperkuat Anda

Dari beberapa artikel yang sudah Anda terima, tentu Anda sudah tahu pasti bahwa untuk membentuk perut sixpack, maka Anda yang masih kelebihan lemak tubuh harus terlebih dahulu mengikis lemak Anda yang masih menutupi otot perut Anda dan juga bagi Anda yang masih kurus, artinya Anda harus meningkatkan massa otot perut Anda dan memperkuat otot perut Anda. Simak latihan beban untuk memperkuat otot perut berikut ini.

Dalam pola latihan untuk mendapatkan perut  sixpack, kebanyakan orang masih berpikir dan berlatih dengan cara yang salah. Apakah Anda mau melatih biceps Anda dengan set 50 repetisi dengan tanpa beban?. Tentu saja Anda akan bilang "Tidak". Bagaimana dengan dada Anda, 50 repetisi tanpa beban? Lagi-lagi, jawaban tidak. Bagaimana jika pertanyaannya menjadi, "Lalu kenapa Anda melakukan 50 repetisi tanpa beban untuk melatih perut?"
Ada kunci penting untuk itu. Jika Anda menginginkan perkembangan perut yang \ baik, maka Anda  perlu menambah beban pada latihan perut Anda. Perut merupakan otot seperti halnya biceps, triceps, chest, dan lainnya. Anda butuh beban untuk menguatkan dan membangunnya. Jadi, berikan beban pada latihan perut Anda.
Berikut ini adalah latihan perut dengan menggunakan beban yang bisa Anda lakukan untuk melatih dan membentuk perut sixpack yang Anda inginkan:

1.  Weighted Crunch
Ambil sebuah dumbbell, genggam di depan wajah Anda, atau di atas dada bagian atas Anda, di bawah dagu. Lakukan crunch seperti biasa. Anda sekarang menggunakan otot perut lebih banyak untuk menahan dumbbell. Tetaplah pada berat yang cukup di mana Anda bisa melakukan 10-15 repetisi, tapi tidak lebih. Ingatlah, Anda butuh beban yang cukup berat agar otot perut Anda terpaksa bekerja dan mulai tumbuh dengan kuat.

2.  Cable Crunch
Raih kabel, berlututlah dan tariklah kabel ke bawah, kontraksikan dengan kuat otot perut Anda ke arah bawah. Dasarnya sama dengan crunch biasa, hanya saja, Anda  bertumpu pada lutut. Akan tetapi kontraksinya sama. Jangan ayunkan pinggul, karena jika Anda melakukannya, Anda tidak banyak menggunakan otot perut Anda. Sedikit saja, hingga membentuk sudut 30 derajat, sampai Anda merasakan otot perut Anda berkontraksi, tahan selama 2 detik, lalu berdirilah.

3.  Weighted Leg Raise
Berbaringlah dengan posisi datar, dengan tangan terselip di bawah pantat. Lilitkan dumbbell kecil atau beban khusus untuk kaki pada kaki Anda, kemudian angkat kaki Anda . Mulailah dengan mengangkat kaki  Anda  kurang lebih 15 cm dari lantai, lalu angkat lagi sampai sekitar 30 - 40 cm dari lantai kemudian turunkan perlahan-lahan. Ini bisa dilakukan di ujung bench.

4.  Stability Ball Crunch
Berlatih di atas bola latihan akan menyeimbangkan kerja otot perut Anda. Seperti pada artikel yang pernah Anda terima beberapa waktu lalu, bahwa bola latihan efektif untuk memperkuat otot inti Anda, yaitu perut dan punggung bawah. Anda bisa berbaring di atas bola seperti akan melakukan crunch. Posisikan tubuh Anda di atas bola sehingga punggung bawah Anda rileks. Jaga agar kaki Anda saling berdekatan di atas lantai sehingga tubuh Anda cukup stabil, dan letakkan tangan Anda di belakang kepala atau lipat di atas dada. Tarik tubuh bagian atas Anda ke arah lutut, lalu hembuskan nafas saat otot perut Anda berkontraksi. Turunkan tubuh Anda ke posisi semula dengan tetap menjaga tekanan pada perut Anda.
  
Apapun bentuk latihan yang Anda lakukan, kuncinya yaitu menambah beban. Jika tidak, Anda tidak akan pernah meningkatkan jumlah jaringan otot di daerah tersebut. Anda tidak perlu melatih perut Anda setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal. Sekali lagi, perlakukan otot perut Anda  layaknya otot lainnya (yang berarti Anda juga harus memberikan waktu istirahat untuk otot perut Anda). Kombinasikan latihan beban ini dengan diet yang baik dan latihan kardio yang intensif, maka Anda akan dapatkan perut sixpack idaman Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar